Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Tungau yang Bersarang pada Kasur

Diterbitkan Minggu, 16 Juni 2024

Tungau kasur adalah makhluk yang sangat kecil bahkan sulit untuk dilihat oleh mata tetapi tungau tak bisa terbang. Meskipun kecil, hewan ini tergolong parasit karena dapat mengganggu dan berbahaya bagi manusia. Gigitan tungau kasur bisa menimbulkan masalah seperti gatal, bentol kemerahan, bahkan hingga menjadi iritasi kulit.

Gigitan tungau sering kali sulit untuk dikenali. Ini karena gejala awalnya yang tidak terlalu mencolok, bahkan tidak berbeda jauh dengan gigitan nyamuk atau serangga pada umumnya. Meski demikian, hal tersebut sebaiknya jangan diremehkan agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius seperti infeksi atau bahkan komplikasi.

Tungau kasur umumnya diketahui hidup di kasur dan bisa mengganggu kenyamanan tidur, bahkan kesehatan pada manusia. Hewan satu ini biasa muncul di malam hari dan menggigit bagian tubuh manusia seperti wajah, leher, tangan, perut, bahkan kaki.

 

Bahaya gigitan tungau

Kasur yang dibiarkan menjadi sarang berkembangnya tungau ternyata dapat menjadi sumber masalah yang besar. Berikut bahaya gigitan dari tungau yang bersarang pada kasur kita;

1. Gangguan saat tidur

Masalah yang paling langsung terasa adalah tidur menjadi tidak nyaman. Ini bisa terjadi karena gigitan tungau kasur dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit hingga memunculkan ruam merah pada kulit. Dengan demikian, momen beristirahat jadi terganggu, tidur pun jadi tidak maksimal. Padahal tidur yang berkualitas itu penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, serta dapat berpengaruh langsung terhadap produktivitas harian.

2. Infeksi kulit

Seperti yang telah disebutka di atas, bahwa gigitan tungau kasur bisa menyebabkan dampak yang lebih serius seperti menimbulkan infeksi kulit. Kulit yang gatal tadi bisa menjadi kudis atau bisa disebut dengan scabies dan dapat berpotensi menularkan penyakit tersebut kepada orang lain. Beberapa infeksi lainnya yang bisa timbul adalah impetigo, ecthyma, atau selulitis.

3. Reaksi pada alergi

Bahaya lain dari tungau kasur adalah hewan satu ini bisa menjadi penyebab munculnya reaksi alergi. Reaksi alergi bisa berbeda-beda untuk setiap orang, mulai dari tingkatan yang sangat rendah dan ringan hingga parah. Para pengidapnya mungkin akan mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat atau berair seperti pilek, serta mata gatal hingga kemerahan. Dalam kondisi yang lebih serius, reaksi alergi ini juga bisa menyebabkan pembengkakan pada area wajah serta kesulitan bernafas.

4. Berbahaya bagi penderita asma

Tungau kasur dapat menimbulkan reaksi alergi yang memicu sulitnya bernapas. Inilah mengapa hewan ini berbahaya bagi para penderita asma. Asma merupakan gangguan pada saluran pernapasan manusia sehingga menyebabkan gejala berupa kesulitan bernapas bagi penderitanya.

 

Kehadiran tungau kasur tentu tidak diharapkan karena dapat menimbulkan efek negatif untuk kualitas kesehatan seseorang. Inilah mengapa penting mengetahui bagaimana cara melakukan pencegahan hingga membasmi tungau kasur yang sudah terlanjur bersarang di area rumah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan air panas atau di Hydrovacuum untuk menyedot tungau hingga yang paling kecil.

Pastikan Anda untuk selalu menjaga kebersihan, terutama di berbagai area rumah yang berpotensi dapat menjadi sarang tungau, misalnya pada kasur,dan sofa di rumah Anda. Untuk itulah kami hadir untuk membantu membasmi tungau-tungau yang bersarang di kasur dan soft furniture Anda lainnya. Kebersihan soft furniture terutama kasur dan sofa di rumah sangatlah penting karena ditempat itulah kita beristirahat dan untuk melepaskan penat setelah bepergian keluar atau setelah bekerja.

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk menghubungi kami, Haidee Care. Karena kami menyediakan jasa Hydrovacuum yang dapat menyedot debu dan tungau yang menempel pada kasur dan sofa Anda di rumah. Untuk layanan lebih lanjut, bisa segera hubungi kami dan kami siap melayani Anda dengan senang hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *