Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Tips Merapikan Rumah Setelah Berpindah

Diterbitkan Minggu, 16 Juni 2024

Ketika pindah ke rumah baru, hal pertama yang pasti akan Anda lakukan tentu saja adalah bersih-bersih atau merapikan rumah. Terutama jika rumah tersebut bukan hunian baru, melainkan pernah di huni oleh orang lain. Tak peduli dengan seberapa bersih penghuni sebelumnya, Anda tentu ingin membersihkan kembali rumah tersebut secara menyeluruh.

Bagi sebagian orang, salah satu bagian yang cukup melelahkan saat pindah rumah adalah membongkar dan merapikan barang-barang di rumah yang baru. Walaupun dirasa cukup melelahkan, tahapan tersebut sangat penting untuk menentukan kenyamanan Anda saat beradaptasi di rumah Anda yang baru. Jika dibersihkan dan dirapikan secara efisien, rumah pun akan lebih cepat terasa nyaman.

Bersihkan rumah ketika barang-barang dan furniture di rumah lama sebelum dipindahkan. Hal tersebut tentu saja untuk memudahkan proses membersihkan rumah baru Anda. Meskipun jadwal pemindahan Anda cukup padat, cobalah untuk menjadwalkan membersihkan seluruh rumah terlebih dahulu. Anda bisa datang di pagi hari untuk membersihkan rumah baru Anda terlebih dahulu. Berikut ini tips membersihkan rumah baru yang akan Anda tempati.

  1. Bersihkan arena yang sering digunakan

Mulailah dengan dua area yang paling sering Anda gunakan seperti dapur dan kamar mandi. Kemudian Anda bisa beralih ke area lainnya.

  1. Bersihkan area dapur

Jika penghuni sebelunya meninggalkan furniture atau kitchen set sebaiknya Anda bersihkan dahulu sebelum digunakan. Lap dengan sabun atau cairan pembersih yng biasa Anda gunakan di rumah. Keluarkan semua laci dan rak dari kabiner dapur, kemudian bersihkan sisa-sisa kotoran, lap dengan air pembersih, dan pastikan kering sebelum Anda memasukkannya ke dalam kabinet kembali.

Lap hingga ke bagian atas yang sulit terjangkau, pastikan tidak ada kotoran atau debu-debu yang menempel. Jangan lupa untuk membersihkan gagang atau kenop kabinet. Ulangi proses membersihkan untuk semua laci dan lemari di bagian bawah. Kemudian bersihkan dan sterilkan meja, westafel dan keran.

  1. Bersihkan kamar mandi

Bersihkan setiap area kamar mandi, dari mulai bagian atas seperti kipas ventiasi hingga perlengkapan lampu. Jangan lupa untuk menyikat bak mandi atau shower. Bersihkan pintu kamar mandi, dan ganti beberapa barang yang sudah terlihat kotor. Jika kamar mandi memiliki westafel, segera bersihkan, lap atau gosok hingga ke celah terkecil.

Jangan lupa untuk membersihkan dan mendisinfeksi toilet. Jika penghuni lama meninggalkan closet duduk pastikan masih bersih dan dapat digunakan. Bila closet tersebut tak layak sebaiknya Anda ganti, atau Anda bisa mengganti bagian dudukannya saja. Pastikan Anda telah menyikat lantai dan membersihkannya dengan disinfektan. Anda bisa menyemprotkan wewangian agar kamar mandi menjadi lebih segar.

  1. Dan bersihkan area lainnya

Setelah dapur dan kamar mandi selesai dibersihkan, Anda bisa pindah ke kamar tidur. Jika rumah memiliki dua lantai, Anda bisa memulai dengan lantai bagian atas terlebih dahulu. Jika kamar tersebut memiliki AC, lepas dan ganti filternya. Kemudian bersihkan celah dengan menggunakan penyedot debu.

Bersihkan lampu dan kipas angin (bila ada), cari bekas noda di dindin kemudian bersihkan. Jika waktu Anda banyak, coba mengelap semua dinding karena akan sulit jika perabotan sudah dipindahkan. Jangan lupa untuk membersihkan dan mensterilkan gagang pintu dan saklar lampu. Bersihkan jendela, termasuk bingkai dan teralis.

  1. Bersihkan lantai pada step terakhir

Setelah semua ruangan bersih, saatnya untuk membersihkan lantai, langkah terakhir dari membersihkan rumah baru Anda. Sapu atau vacum dulu, kemudian baru dipel. Jika Anda menggunakan karpet, pastikan bahwa lantainya benar-benar bersih. Jika Anda pindah ke rumah yang baru dibangun, proses membersihkan rumah tentu akan lebih mudah. Namun, bukan berarti Anda tak membersihkan rumah baru meninggalkan banyak debu bekas kontruksi yang dapat menempel. Bersihkan dengan penyedot debu hingga ke seluruh area.

Berikan kamar mandi termasuk toilet, dan permukaan sanitasi. Pastikan Anda telah mengepel seluruh lantai. Jika Anda memiliki dana berlebih, Anda bisa menyewa jasa pembersihkan rumah Anda agar tugas Anda menjadi lebih ringan. Pastikan untuk mengecek pekerjaannya agar tak ada yang tertinggal.

  1. Letakkan barang per ruangan

Ketika Anda akan menata barang-barang di rumah, tempatkan box atau kardus barang di rumah sesuai dengan ruangannya. Misalnya, tempatkan box bersi baju dan perlengkapan tidur di kamar tidur, box berisi alat masak berada di dapur, hingga box berisi perlengkapan kerja di arena atau ruangan untuk bekerja. Dengan menempatkan barang di ruangan yang tepat, proses membongkar dan menata barang akan jauh lebih efisien.

Untuk memudahkan Anda meletakkan box di ruangan yang tepat jangan lupa labeli atau tulisi box sesuai dengan isinya.

  1. Bersihkan soft furniture sebelum digunakan

Kebersihan rumah terutama soft furniture setelah berpindah adalah hal yang cukup penting. Apalagi soft furniture adalah barang yang mudah untuk dihinggapi oleh debu tetapi tak bisa terlihat oleh kasat mata. Pentingnya menjaga kebersihan soft furniture sama hal nya dengan menjaga kesehatan anggota keluarga. Membersihkannya pun cukup mudah, hanya dengan menggunakan penyedot debu atau bisa meggunakan hydrovacuum untuk menghilangkan debu.

Itulah beberapa tips untuk membersihkan dan merapikan rumah setelah pindahan. Semoga bermanfaat. Setelah semua barang ditempatkan sesuai rencana Anda pasti barang dan lingkungan Anda terlihat lebih rapi. Tetapi kotoran yang terbawa dari rumah lama Anda juga cukup mengganggu, bersihkan juga untuk noda-noda yang tertinggal pada furniture yang Anda bawa dari rumah lama Anda, seperti sofa, karpet, kasur, dan lain sebagainya. Anda sudah cukup lelah untuk melakukan itu? Panggil Haidee Care untuk melakukan tugas itu!! Cukup panggil Haidee Care, maka Anda tak perlu mengeluarkan tenaga lagi untuk membersihkan kotoran atau noda pada furniture lama Anda terutama noda membandel yang susah untuk dibersihkan.

Masih bingung untuk melakukan treatment apa di Haidee Care? Anda bisa mulai dengan menghubungi admin Haidee Care dan menanyakan rekomendasi treatment yang Anda perlukan dengan memberitaukan masalah Anda kepada admin. Dengan senang hati admin akan memberitahu treatment terbaik yang Anda perlukan. Anda sekarang tak perlu lagi khawatir untuk melakukan treatment di Haidee, karena petugas Haidee adalah petugas yang profesional dan petugas yang sudah terbiasa dalam melakukan tugas tersebut, dan kami menggunakan cairan pembersih dan alat pembersih yang aman dan tak akan merusak furniture Anda. Yuk hubungi Haidee Care sekarang juga!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *