Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Begini Cara Menggunakan dan Membersihkan Carseat yang Tepat Supaya Tak Cepat Rusak

Diterbitkan Minggu, 16 Juni 2024

Benda yang sering digunakan biasanya akan menjadi sarang kuman yang paling berbahaya. Misalnya, carseat dan stroller yang selalu digunakan oleh si kecil. Duduk di carseat dalam waktu yang cukup lama akan membuat benda ini menjadi sarang kuman. Belum lagi jika saat duduk di carseat, si kecil sembari makan atau minum. Tak hanya remahan yang menyelip, sebenarnya keringat atau lelehan air liur saja bisa membuat carseat menjadi sarang bakteri. Belum lagi jika carseat ini jadi korban popok yang bocor atau muntahan si kecil. Duh, terbayang kan gimana kotornya.

Berkendara bersama keluarga di akhir pekan memang sangat menyenangkan. Namun, tentunya ibu harus memperatikan keselamatan sang buah hati. Salah satu perlengkapan bayi yang harus digunakan saat berkendara adalah carseat yang sesuai dengan umurnya si kecil. Sayangnya, penggunaan carseat yang salah ternyata dapat membuatnya cepat rusak walau Mom membeli yang kualitasnya terbaik. Nah, supaya carseat bayi awet dan tidak cepat rusak, begini cara pakainya yang tepat.

 

  1. Sesuaikan carseat dengan usia dan berat badan anak

Bagaimana cara Mom meletakkan si kecil ke dalam carseat? Jika bayi masih berusia 1 tahun ke bawah atau di bawah 2 tahun, selalu letakkan ia menghadap ke belakang. Carseat bekerja maksimal dengan menjaga kepala, leher, dan tulang belakang sang anak dari benturan jika diletakkan menghadap ke belakang.

Bila anak sudah mencapai berat maksimal atau tinggi kepalanya sudah melewati sandaran carseatnya, Mom bisa membuat bayi duduk menghadap ke depan.

 

  1. Taruh carseat dalam kemiringan yang sesuai

Salah satu hal yang membuat sebuah barang cepat rusak adalah tidak menggunakannya sesuai dengan petunjuk. Dalam petunjuk penggunaan carseat dari American Academy of Pediatrics, disarankan bayi di bawah 1 tahun sebaiknya di letakkan dengan kemiringan 45o, lain halnya untuk bayi yang usianya lebih besar atau yang benar-benar sudah bisa duduk dengan tegak. Si kecil harus diletakkan dengan kemiringan 35o.

 

  1. Memakai sabuk pengaman yang pas di tubuh bayi

Saat meletakkan bayi di dalam carseat, ingatlah untuk memakaikannya sabuk pengaman. Pastikan sabuk terpasang pas di tubuh sang anak. Tidak terlalu kendor ataupun terlalu kencang. Pemakaian yang tidak tepat tak hanya akan membuat sabuk pengaman rusak, tetapi juga bayi merasa tidak nyaman bahkan kesakitan jika terlalu kencang.

 

  1. Carseat tepat dipasang dan menempel sempurna

Tanda carseat terpasang sempurna adalah menempel dan terkunci dengan tepat di jok mobil. Itu adalah posisi carseat yang baik dna aman untuk bayi. Jika carseat tidak terkunci dan dapat bergeser, tentu akan berbahaya untuk tubuh bayi. Carseat juga bisa terbentur dan beberapa bagiannya akan rusak. Ketika merasa perlengkapan bayi ini tidak bisa terkunci dengan jok, geser lebih dari 1 inchi dan segeralah perbaiki jika ada kerusakan.

 

  1. Rutin bersihkan carseat

Sama seperti barang-barang lainnya, carseat juga mudah untuk kotor. Apalagi, jika bayi makan dan minum saat ada di dalamnya. Remah-remah biskuit dan tetesan ASI pasti memenuhi jok carseat sang bayi. Rutin bersihkan carseat agar tetap bersih dan tak mengundang penyakit.

Caranya adalah dengan melepaskan carseat dan membalikkan untuk menghilangkan remah-remah yang mengumpul atau terselip. Setelah itu, lepaskan tali pengikat serta gesper dan bersihkan dengan sikat dan air. Hindari merendam keduanya karena bisa membuat cat atau warnanya rusak.

Ikuti panduan mencuci carseat yang ada di dalam buku intruksi manualnya. Jangan mencuci bagian yang tidak boleh kena sabun atau air. Setelah diuci, jemur hingga benar-benar kering dan pasang kembali dengan benar seperti semula.

 

Jaga kebersihan dan ikuti cara penggunaan carseat yang benar untuk menjaga kualitas barangnya agar tetap terjaga, sehingga tidak mudah rusak. Jika sudah terlanjur ada bagian yang rusak, Anda tak perlu khawatir karena banyak agen penyedia jasa untuk reparasi barang Anda terutama carseat seperti baru kembali, Haidee Care contohnya. Tak hanya untuk laundry jika carseat kotor, di Haidee Care juga bisa reparasi barang Anda yang rusak loh! Yuk laundry dan Reparasi-in di Haidee Care saja sekarang! Daripada cuci sendiri dan takut merusak carseat, bisa Mom laundry-in aja di Haidee Care, dan jika Mom mau beli carseat tetapi terbilang cukup mahal, Mom bisa sewa di Haidee Rental saja yuk!! Hubungi admin segera yaa!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *