Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Selimut Juga Harus Rutin Dicuci

Diterbitkan Minggu, 16 Juni 2024

Selimut adalah salah satu perlengkapan tidur untuk menjaga tubuh agar tetap hangat dan nyaman serta dapat digunakan untuk dekorasi kamar tidur. Selimut terbuat dari berbagai bahan, seperti wol, kapas, polyester, dan bulu, serta tersedia dalam berbagai ukuran, warna dan juga motif.

Namun, selimut juga dapat menjadi sarang berkembang biaknya kuman dan bakteri, terutama jika tidak rutin tuk dicuci. Karena itu, penting mencuci selimut secara rutin agar tetap bersih dan menjaga kesehatan Anda serta keluarga. Kotoran yang menumpuk akan memicu pertumbuhan jamur dan bakteri, serta membuat badan menjadi gatal-gatal. Itulah sebabnya selimut harus rutin tuk dicuci.

Namun, durasi mencuci selimut tergantung pada beberapa faktor, seperti seberapa sering menggunakannya. Lantas, seberapa sering harus mencuci selimut yang kita gunakan?

Mary, Gagliardi, ilmuwan internal dan pakar kebersihan di Clorox-produsen produk pembersih asal Amerika Serikat, mengatakan “selimut dapat mengumpulkan debu, keringat, kotoran tubuh, dan minyak dari tangan yang dapat menyebabkan alergi, iritasi kulit, serta gangguan pernapasan”. kotoran dan alergen ini dapat menembus jalinan kain selimut serta masuk ke isi atau bahan selimut. Hal ini dapat mengurangi kualitas selimut serta membuatnya tidak nyaman lagi tuk digunakan.

 

Durasi mencuci selimut

Secara umum, mencuci selimut sebaiknya dilakukan setiap satu hingga dua bulan sekali. Namun, Anda harus dapat mengatasi noda atau tumpahan sesegera mungkin. Dengan mencuci selimut secara rutin, hal ini dapat mencegah berkurangnya tingkat efektivitas selimut sebagai penghangat.

Durasi mencuci selimut biasanya tidak tergantung pada jenis bahannya sehingga tetap disarankan tuk mencucinya setiap satau sampai 2 bulan sekali. Namun, Anda juga tetap harus memeriksa petunjuk perawatan dari produsen selimut.

Material selimut yang tidak disarankan sering dicuci rutin adalah yang terbuat dari  bahan halus dan mudah rusak, seperti selimut bulu angsa, selimut sutra dan selimut wol. Sebaiknya, mencucinya setiap enam bulan hingga satu tahun sekali, kecuali jika ada noda yang membandel. Jika terlalu sering mencuci selimut, ini dapat menyebabkan kerusakan dan akan membuat selimut menjadi tidak awet.

 

  • Durasi mencuci selimut dengan penutup duvet

Mencuci selimut yang memiliki penutup duvet dapat dilakukan lebih jarang daripada selimut yang tanpa penutup karena penutup duvet melindungi selimut dari noda serta kotoran. Kathy Cohoon, Direktur Operasi Waralaba Two Maids-waralaba kebersihan asal Amerika Serikat- menyarankan mencuci selmut dengan penutup duvet setiap satu atau dua tahun sekali.

Namun, perlu mencuci selimut ini lebih sering jika disimpan tanpa penutup karena mudah terkena noda atau kotoran serta membuat selimut menjadi rusak.

 

  • Durasi mencuci selimut tanpa seprai

Seprai adalah perlengkapan tidur yang menjaga kasur dan selimut agar selalu dalam keadaan bersih. Namun, jika tidak menggunakan seprai di kasur, selimut akan lebih cepat kotor sehingga perlu mencucinya lebih sering.

Gagliardi menyarankan mencuci selimut tanpa seprai setiap minggu karena keringat dan serpihan kulit dan minyak dari tubuh akan langsung menempel di selimut.

 

  • Mencuci selimut yang baru di beli

Selimut yang baru dibeli dapat mengandung bahan kimia dan bahan iritasi yang dapat menyebabkan gatal serta ketidaknyamanan pada tubuh. Dengan mencuci selimut baru, hal ini akan membantu menghilangkan bahan-bahan berbahaya serta membuat selimut lebih nyaman tuk digunakan.

 

Tak hanya kotor, banyak kejadian yang terjadi pada selimut yang sudah lama digunakan. Salah satunya adalah selimut berbau apek. Selibut yang berbau apek memang sangat mengganggu bagi pemakainya. Apalagi selimut bau apek yang digunakan sehari-hari. Selimut bau apek ternyata dapat disebabkan oleh ebrbagai faktor. Beberapa penyebab selimut bau apek adalah karena kotor dan jarang dicuci atau saat setelah dicuci ternyata tida kering sempurna.

Banyak orang yang malas tuk mencuci nya karena ribet dan berat saat sudah terkena air. Cuci di Haidee Care saja yuk. Tak hanya dicuci, Anda juga bisa mendapatkan treatment Hydrovacuum yang akan menyedot tungau yang bersarang pada selimut Anda selama ini. Yuk tunggu apalagi? Hubungi admin sekarang juga yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *