Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Cara Merawat Gendongan Kain yang Tepat

Diterbitkan Minggu, 16 Juni 2024

Gendongan kain memang nyaman bila dipakai, baik untuk Moms dan Si kecil. Tentu saja bahannya yang lembut dan mudah tuk dilipat membuat gendongan umumnya terbuat dari kain. Namun, ada hal wajib yang Mom harus perhatikan. Salah satunya adalah dari segi perawatan pada gendongan kain tersebut.

Gendongan kain harus rutin tuk dibersihkan karena bisa berbahaya jika ada kotoran atau debu yang menempel. Apalagi gendongan tersebut sering dibawa kemana-mana, pastinya banyak kuman dan bakteri yang menempel. Tentunya akan berbahaya bagi kesehatan si kecil. Namun, membersihkan gendongan tidak bisa sama seperti mencuci kain pada umumnya. Gendongan kain memiliki aturan merawat dan cara membersihkan tersendiri.

Bahkan keringat dari tubuh sang ibu ataupun sang ayah juga dapat membuat gendongan bayi menjadi berbau tak sedap. Sehingga perlu dicuci agar kebih higienis dan tidak ada kuman atau bakteri yang bersarang disana.

Pertama, Moms jangan memakai mesin cuci. Gunakan tangan untuk memberihkan semua kotoran pada gendongan. Moms bisa membersihkan semua kotoran pada gendongan. Mom bisa membersihkan kotoran dengan menggunakan handuk basah. Jika diperlukan Mom bisa memakai handuk basah yang sudah dicampur dengan sabun khusus untuk kulit bayi.

Mom juga bisa mencuci dengan air yang memiliki suhu hingga 30o celcius. Jangan pakai air yang terlalu panas. Mungkin Anda memiliki tujuan untuk membuat kuman pada gendongan menjadi mudah mati, tapi jika terlalu panas justru malah merusak kain gendongan tersebut.

Bila ada noda dan kotoran yang membandel, Mom bisa membersihkannya secara perlahan dan terus menerus. Jika ada noda yang sulit tuk hilang, hindari pemakaian pemutih atau cairan kimia berbahaya. Ada beberapa bentuk gendongan kain yang memiliki elemen lainnya selain kain.

Misalnya ring sling yang memiliki dua buah lingkaran besi atau hipseat carrier yang memiliki cushion seat. Maka sebelum dibersihkan, Anda juga bisa mencopot elemen terlebih dahulu. Ada beberapa bagian yang mungkin bisa dimasukkan ke dalam mesin cuci. Namun, jangan campurkan dengan pakaian yang mudah luntur.

Sementara cara untuk menjemurnya, ada baiknya Mom jangan langsung menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Pilih jemuran yang tempatnya lebih teduh namun tetap terpapar sinar matahari. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada kain dan juga elemen pengaman lainnya seperti tali dan slotnya.

 

Bahaya Gendongan Kain yang Kotor

Sebagai seorang ibu tentunya Anda menginginkan yang terbaik untuk si kecil. Mom juga perlu memperhatikan kebersihan anak termasuk kebersihan gendongan kain. Usia bayi merupakan periode emas, maka tumbuh kembangnya penting untuk diperhatikan. Tahukah Mom bahwa kebersihan lingkungan sekitar bayi cukup berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya?

Kebersihan dan higienitas menjadi faktor penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Tentu saja ini erat kaitannya dengan kebersihan si kecil. Mom jangan hanya memperhatikan nutrisinya saja tanpa melihat kebersihannya sang anak. Meskipun terkadang terlihat sepele, kebersihan menjadi hal penting untuk Mom perhatikan.

Banyak kejadian serius yang disebabkan oleh masalah kebersihan. Misalnya teether yang terjatuh kemudian langsung masuk ke mulut. Bisa dibayangkan bakteri yang menempel dan langsung masuk ke dalam tubuh si kecil. Atau ada kebiasaan mengganti popok terlalu lama. Hal-hal ini sering dianggap enteng oleh para Ibu.

Begitu pula dengan kebersihan gendongan. Mom sering tak menyadari bahwa gendongan tersebut dipakai kemana-mana. Misalnya saat Mom pergi ke pusat perbelanjaan bahkan ketika dibawa ke rumah sakit. Meski dirasa masih bersih dan wangi, pastinya ada risiko bakteri dan virus yang menyebabkan si kecil menjadi mudah sakit.

Tak hanya sampai situ saja, mungkin Mom meminjamkan gendongan kain tersebut pada orang lain agar bisa ikut menggendong si kecil. Bakteri bisa saja datang dari orang yang Anda pinjami gendongan tersebut. Bahkan bakteri dan virus juga bisa disebabkan oleh ulah si kecil, seperti ompol, muntahan ataupun bekas gumoh.

Maka dari itu, Moms tak hanya harus rutin untuk membersihkan gendongan kain. Mom juga perlu membawa alat-alat pembersih darurat seperti tisu basah. Jangan lupa untuk menyiapkan hand sanitizer bila ada orang lain yang hendak memakai gendongan tersebut juga.

Bahaya lain dari membiarkan gendongan kotor adalah menyebabkan kulit bayi menjadi terluka atau mengalami alergi tertentu. Ingat bahwa kulit bayi itu sangat sensitif sehingga tidak bisa bersentuhan dengan sembarangan barang. Bila terlalu kotor tentu akan mengakibatkan bayi menjadi merasa tidak nyaman.

Salah satu faktor penyebab bayi yang rewel bisa datang dari lingkungan yang kotor. Maka dari itu, Mom sebaiknya tetap menjaga kebersihan supaya bayi merasa nyaman dan jauh lebih bahagia. Mom mungkin merasa was-was saat mencucinya, entah takut merusak kain atau takut membuat si kecil menjadi alergi karena sabun yang dipakai. Cuci di Haidee Care saja yuk! Hanya di Haidee Care, jasa pencucian baby stuff yang menggunakan cara dan cairan yang aman untuk baby stuff Anda dan cairan yang tidak akan membuat kulit si kecil menjadi gatal atau alergi. Yuk cuci di Haidee Care sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *