Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Pahami Penyebab Ruam pada Anak

Diterbitkan Sabtu, 27 Juli 2024

Ruam adalah reaksi kulit yang dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari seperti reaksi kontak dengan iritasi kulit, reaksi obat, infeksi, ataupun reaksi alergi. Pemicu yang berbeda dapat menyebabkan ruam yang tampak serupa karena kulit memiliki sejumlah kemungkinan respons. Bayi umumnya mmeiliki kulit yang sensitif sehingga rentan mengalami iritasi dan masalah kulit lainnya, termasuk bintik merah.

 

Mengetahui gejala atau riwayat terkait ruam dapat membantu menentukan penyebab ruam tersebut. Misalnya, riwayat gigitan kutu, penggunaan antibiotik tertentu, paparan lingkungan, ataupun imunisasi yang menjadi pemicu ruam.

 

Bagaimana penampilan dan lokasi ruam tersebut juga bisa menjadi pertimbangan untuk mengukur seberapa berbahaya ruam dan bagaimana penanganannya. Apalagi jika ini terjadi pada anak, orang tua harus lebih jeli. Biasanya susah buat anak untuk mengidentifikasi ruam, sehingga orang tualah yang harus detail dalam menilai saat memberi keputusan penanganan yang tepat.

 

Ruam juga bisa disebabkan oleh virus yang tidak membahayakan anak dan hilang seiring waktu tanpa pengobatan. Namun, beberapa ruam pada masa kanak-kanak memiliki penyebab serius atau bahkan mengancam jiwa. Dan ruam juga bisa disebabkan adanya tungau kasur dan debu yang menempel pada kasur atau bantal milik si bayi. Tak hanya di kasur atau bantal, tetapi si kecil juga bisa menderita ruam karena adanya tungau dan debu pada soft furniture di rumah Anda.

 

Beberapa penyebab ruam pada anak adalah cacar air, eksim, erythema multiforme, impetigo, keratosis pilaris atau kulit ayam, campak, moluskum kontagiosum, pityriaris rosea, baing keringat, psoriaris, kurap, kudis, demam berdarah, dan gatal-gatal.

 

Orang tua harus terbiasa dengan ruam ini. Banyak ruam yang dapat terlihat sama, sehingga sulit untuk mengetahui diagnosis yang tepat. Anda dapat mengunjungi dokter untuk mendapatkan solusi dan perawatan terbaik terkait ruam pada anak Anda. Masa anak-anak adalah waktu dimana anak kerap untuk mendapatkan ruam.

 

Ketika anak mengalami ruam, ada beberapa hal yang dapat orangtua lakukan untuk mengobatinya di rumah. Pertama-tama harus tahu dulu apa penyebab ruam dan jenisnya. Bagaimana anak mendapatkan ruamnya, dan ketahui bentuk dan warnanya.

 

Apakah anak sedang sakit, alergi terhadap sesuatu, bersentuhan dengan sesuatu yang mengiritasi kulit, seperti sabun, bahan kimia, perhiasan, tumbuhan, maupun hewan. Bayi juga bisa mengalami ruam popok bila bahan popoknya tidak sesuai untuk penggunaan yang terlalu lama, sehingga menyebabkan bokong si kecil menjadi lecet.

 

Menjaga kebersihan kulit

Ruam tidak bisa dihindari dan jika anak mengalaminya jangan panik. Gunakan sabun lembut untuk mencuci ruam anak dengan lembut menggunakan air hangat. Hindari menggosok, yang dapat membuat iritasi lebih lanjut. Tepuk-tepuk kulit dengan handuk. Biarkan ruam tidak tertutup.

 

Untuk ruam ringan dimana kulitnya tidak pecah, Anda bisa letakkan kain basah di ruam anak untuk mengurangi rasa sakit dan gatal. Orang tua mungkin juga perlu memotong kuku anak dan meminta mengenakan sarung tangan di malam hari untuk menghindari garukan yang tidak disengaja.

 

Ruam biasanya diiringi dengan berbagai gejala, kalau ruam tidak membaik dengan situasi yang mengiringi ini, segera hubungi dokter. Beberapa gejalanya adalah demam dengan ruam, buang air kecil yang menyakitkan dengan ruam, ruam berbentuk kupu-kupu melintasi hidung dan pipi, anak berusia lebih muda dari enam bulan, memar yang tidak berhubungan dengan cedera ruam yang terlihat, seprti mata banteng atau berbentuk oval.

 

Selain itu, ruam yang lebih buruk pada lipatan kulit, ruam luas dengan pembesaran, kelenjar getah bening lunak, ruam yang diiringi pembengkakan di mulut atau wajah, kehilangan selera makan, emmiliki perubahan pernapasan atau kesulitas bernapas.

 

Itulah sedikit penjelasan mengenai ruam merah pada kulit yang terjadi pada anak Anda. Untuk pencegahannya, Anda dapat selalu memastikan bahan dan alat yang digunakan untuk anak Anda terutama makanan. Anda juga perlu memperhatikan cairan pembersih yang digunakan untuk mencuci baby stuff, pakaiannya, ataupum botol dan alat makan lainnya. Dan Anda juga harus waspada saat Anda akan menggunakan jasa laundry untuk baby stuff Anda seperti stroller ataupun carseat si kecil. Karena tak semua jasa laundry menggunakan cairan yang aman untuk anak-anak terutama bayi.

 

Tak cukup hanya dengan laundry berbagai perlengkapan bayi Anda. Anda juga perlu untuk meng-Hydrovacuum soft furniture terutama kasur Anda dan bayi Anda supaya terhindar dari adanya tungau kasur dan debu yang menempel pada permukaan dan bersarang pada soft furniture Anda. Dengan melakukan Hydrovacuum soft furniture Anda, maka akan mencegah adanya tungau penyebab penyakit tuk semua anggota keluarga Anda terutama si kecil. Hydrovacuum di Haidee saja, dengan menggunakan alat dan cairan yang aman untuk si kecil.

 

Di Haidee Care, Anda tak perlu khawatir lagi dengan cairan yang digunakan. Karena hanya di Haidee Care, jasa laundry baby stuff yang menggunakan cairan dan sabun yang aman untuk kulit sensitifnya si kecil. Anda bisa laundry berbagai barang perlengkapan si kecil di Haidee, seperti carseat, stroller, baby box, kasur, bantal, bahkan bantal menyusui. Dengan metode yang tak akan merusak bahan alami barang Anda, dan akan membersihkan hingga kerangkanya juga. Jadi, tunggu apalagi? Hubungi admin Haidee Care sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *