Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Cara Menyimpan Tas Agar Tidak Cepat Rusak dan Tak Berjamur

Diterbitkan Minggu, 16 Juni 2024

Tas menjadi salah satu pelengkap fashion dan kebutuhan saat bepergian. Tas yang menarik tentu akan membuat penampilan semakin baik. Memiliki tas juga turut diikuti kewajiban untuk mengetahui cara menyimpan tas agar tidak berjamur. Tas yang disimpan terlalu lama di tempat yang lembab akan mudah berjamur. Hal ini tentu disesalkan terlebih jika tas tersebut mahal harganya dan koleksi terbatas.

Tas yang berjamur tentu saja membuat tas berbau dan tidak dapat digunakan lagi. Oleh karena itulah, penting untuk menyimak cara menyimpan tas agar tidak berjamur dalam ulasan berikut/

 

Cara Menyimpan Tas Agar Tidak Berjamur dan Awet Penggunaannya

Cara menyimpan tas agar tak berjamur sebenarnya tidak sulit tuk dilakukan. Pasalnya, cara-cara di bawah ini sangat mudah diterapkan dan tidak memerlukan waktu yang lama. Berikut ini penjelasan terkait beberapa cara menyimpan tas agar tidak berjamur.

  1. Simpan dengan Silica Gel dan Dust Bag

Saat membeli tas, pada umumnya terdapat dust bag atau silica gel di dalamnya. Sertakan dust bag dan silica gel tersebut saat tas disimpan di lemari.

Dust bag akan mencegah tas dari debu dan membuatnya lebih awet, sementara itu silica gel membuat tas menjadi tidak lembab dan tidak mudah berjamur. Selain itu, tas juga akan terhindar dari risiko tergores, terpotong, tergesek, dan terkena cairan bernoda maupun cairan yang dapat merusak tas.

 

  1. Simpan Tas di Ruangan dengan Sirkulasi Udara yang Baik

Selanjutnya adalah dengan menyimpannya di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Jamur dapat cepat tumbuh di udara yang lembab. Jika tas disimpan di lemari, maka gunakan kapur barus untuk mengurangi kelembapannya. Kemudian sesekali keluarkanlah tas tersebut agar jamur tidak tumbuh.

 

  1. Bersihkan Bagian dalam Tas

Cara menyimpan berikutnya adalah dengan memeriksa dan bersihkan isi tas. Bagian dalam tas termasuk pada sisi-sisi yang tak terjangkau justru akan menjadi tempat yang mungkin paling kotor karena debu dan sisa makanan yang menempel.

Terkadang, banyak barang yang membuat seseorang tak sadar telah terlalu lama berada di dalamnya. Barang-barang atau benda ini dapat memicu bau atau kotoran lain jika tidak segera dibersihkan. Oleh sebab itu, membersihkan bagian dalam tas merupakan sesuatu yang diperlukan.

 

  1. Gunakan Lotion Anti Jamur

Cara menyimpan berikutnya adalah menggunakan lotion anti jamur. Lotion anti jamur ini dapat diperoleh di toko sekitar maupun online shop. Cara pemakaiannya pun mudah, cukup oleskan lotion anti jamur tersebut ke permukaan tas secara merata. Pastikan seluruh bagian tas terkena lotion tersebut.

 

  1. Gunakan Isian di Dalamnya Agar Bentuk Terjaga

Cara lainnya adalah isi bagian dalam tas dengan kain atau kertas. Jangan biarkan isinya kosong karena akan mengubah bentuk asli tas tersebut. Selain itu, Anda bisa isikan dengan bubble wrap atau sponge di dalamnya. Dengan cara ini, tas akan lebih awet karena bentuknya terjaga.

 

  1. Jangan Tumpuk maupun Digantung

Cara selanjutnya adalah tidak menyimpannya dengan cara ditumpuk maupun digantung. Tas yang ditumpuk atau digantung dapat mempengaruhi kekuatan dan tekstur tas, sehingga membuatnya mudah terkelupas.

Simpan tas dengan cara didudukkan saja dan disusun rapi dalam lemari agar bentuk aslinya terjaga. Hal ini juga dapat menjaga agar tali tas juga tak mudah rusak, ataupun melar.

 

  1. Bersihkan secara Rutin

Cara yang perlu dilakukan adalah pembersihan secara rutin terhadap tas tersebut. Caranya yakni dengan mengusap kotoran atau debu pada permukaan tas dengan kain microfiber yang lembut.

 

  1. Jangan Tinggalkan Tas di Bawah Sinar Matahari

Meskipun tidak boleh di tempat yang lembab, bukan berarti tas dapat diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Pasalnya, sinar matahari justru akan membuat tas lebih mudah rapuh dan pudar warnanya. Tentu saja hal ini membuat tas menjadi tidak awet.

Jika ingin menghindari kelembaban, cukup gunakan silica gel agar tetap kering. Silica gel akan menyerap udara lembab sehingga tas tidak akan terkena jamur karena lembab.

 

  1. Siasati Aroma Tak Sedap dengan Baking Powder

Berikutnya adalah dnegan memberikan baking powder. Letakkan satu mangkuk kecil baking powder, kemudian diamkan selama 24 jam agar bubuk itu menyerap bau yang tak sedap. Lakukan hal ini sesekali saja agar tas tetap bersih dan terhindar dari bau apek yang dapat mengganggu. Selain menghilangkan bau, baking soda juga mampu mengurangi adanya jamur.

 

Demikianlah beberapa cara menyimpan tas agar tak berjamur dan tak cepat rusak. Perlu diketahui pula bahwa gunakan tas secara berkala agar tas tidak terlalu lama berada di dalam ruangan dan justru membuatnya lembab. Pastikan pula menanyakan ke penjual tas agar mengetahui cara merawatnya.

Tas di rumah kotor dan berjamur? Cuci di Haidee Care saja yuk!! Anda tak perlu bersusah payah membersihkannya dan mengeluarkan uang banyak untuk membuat tas Anda kembali seperti baru, cukup hubungi admin Haidee Care dan tunggu petugas kami tuk mengambilnya, saat pencucian telah selesai maka kurir akan mengantarkannya kembali dalam keadaan yang aman, wangi, bersih dan tentunya tak berjamur lagi. Tas sekolah anak pun bisa loh di cuci di Haidee Care! Tak perlu khawatir akan merusak bahan, karena di Haidee Care kami menggunakan cairan dan metode yang tidak akan merusak bahan asli tas Anda. Yuk hubungi admin Haidee Care sekarang!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *