Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Masalah yang Akan Muncul Ketika Jarang Mencuci Gorden di Rumah

Diterbitkan Minggu, 16 Juni 2024

Gorden atau tirai alah aksesoris penting di rumah yang keberadaannya tidak pernah diperhatikan. Saat Anda baru pindah rumah, tentunya Anda menginginkan ruanga Anda untuk terlihat tertata dan senada. Di situ lah gorden berperan besar untuk membuat atmosfer ruangan sesuai yang Anda inginkan.

Gorden menjadi salah satu benda yang kerap kali terlupakan saat proses pembersihan. Sayangnya begitu sudah terpasang keberadaan gorden kerap kali terlupakan begitu saja. Hari, minggu, bulan bahkan tahun berlalu dan gorden tidak pernah diperhatikan meskipun hampir setiap hari Anda membuka dan menutup gorden. Walaupun letaknya tergantung, namun gorden ini tidak luput dari berbagai noda hingga tumpukan debu loh. Tampilannya yang tampak masih cantik bukan berarti gorden tidak memerlukan perawatan juga.

Bahkan saat membersihkan karpet dan sofa, gorden begitu saja Anda lewatkan. Padahal sudah tergantung lama, mungkin saja sudah jadi sarang bakteri. Meski gorden tidak banyak terkena kontak langsung dengan manusia jika dibandingkan dengan karpet. Tetapi jika tidak dibersihkan bisa menimbulkan bahaya yang serius bagi Anda dan keluarga.

Gorden juga harus rajin tuk dibersihkan jika tidak ingin debu menumpuk dan dapat memicu alergi. Jangan biarkan debu menutupi tampilan cantik dari gordenmu lebih lama, justru hal ini bisa membuat proses pembersihan jauh lebih sulit di kemudian hari.

Tapi bukan hanya dari segi kebersihan dan tampilan saja yang bisa terganggu jika gorden jarang dibersihkan, ada banyak akibat yang bisa terjadi juga termasuk dari segi kesehatan. Nah, supaya kamu makin yakin akan pentingnya memberikan gorden, Haidee sudah merangkumkannya dari berbagai sumber berikut ini:

 

  1. Mudah lapuk dan sobek

Setiap hari, pasti ada saja debu atau noda yang menempel pada gorden Anda walau hanya sedikit saja. Namun, sedikit demi sedikit, tumpukan debu ini akan semakin menebal tanpa disadari. Gorden yang dibiarkan berdebu dalam waktu lama akan mudah kusam dan sobek, harus rutin tuk melakukan pembersihan pada gorden.

Dilansir dari berbagai sumber, setiap hari digunakan apalagi dalam jangka panjang, gorden bisa mengikat debu dan kotoran yang dibawa oleh angin. Apalagi jika jarang dibersihkan, debu dan kotoran yang tebal pada permukaan bisa membuat kondisi gorden mudah sobek dan lapuk loh. Tampilannya akan sangat kusam, debu dan noda menutupi keindahan dari warna gorden di rumah Anda, berakibat juga dengan tampilan cantik dari interior rumah.

 

  1. Bisa memicu alergi

Jika gorden Anda dibiarkan berdebu, bisa berisiko memicu munculnya tungau yang dapat menyebabkan alergi. Kadang kita malas mencuci gorden karena harus repot melepasnya dari pengait sehingga dibiarkan kotor dalam waktu yang lama. Gorden secara alami akan menarik debu dan menyerap bau yang ada di ruangan tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, gorden kotor dan terus dibiarkan tidak dicuci bisa membuat rumah bau bahkan memicu alergi. Faktanya, Asthma and Allergy Foundation of America mengatakan bahwa tungau debu adalah salah satu pemicu paling umum dari alergi dan asma. Walau tidak langsung terlihat jelas, namun besar keungkinan tungau berada di seluruh gorden yang berdebu dan kotor tentunya.

 

  1. Partikel faktor alergen

Gorden berfungsi sebagai penghalang sinar matahari, kotoran dan pandangan langsung ke dalam rumah. Sayangnya kain gorden menyimpan faktor-faktor alergen seperti debu yang menyebabkan reaksi alergi seperti bersin, batu dan pilek.

Partikel yang menempel pada gorden sangat kecil, mudah terbawa angin dan menumpuk di gorden. Ini terutama pada gorden yang terbuat dari katun. Sayangnya gorden yang berbahan lebih tebal memiliki potensi menyimpan debu dan tungau di antara lapisan yang meningkatkan kemungkinan Anda terkena gejala alergi.

 

  1. Jamur dan lumut

Jamur dan lumut berkaitan dengan sejumlah alergi dan penyakit pernapasan. Keduanya menghasilkan spora yang jika terhirup dapat menyebabkan reaksi alergi dan masalah kesehatan lainnya. Tentunya ini sangat berbahaya bagi anak-anak, Ibu hamil, orang lansia dan penderita asma atau masalah pernapasan lainnya.

Jamur menempel pada permukaan yang lembap seperti tirai kamar mandi. Itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk membersihkan semua gorden yang berada di lokasi lembab setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu terutama gorden shower.

 

  1. Kuman

Kuman adalah salah satu penyebab utama penyakit pada manusia dan hewan peliharaan. Pada gorden bukan kemustahilan kuman dapat menempel, terutama yang digantung jauh dari sinar matahari. Awalnya mungkin hanya bersin-bersin dan batuk, tetapi semakin dibiarkan lama-lama dapat berubah menjadi infeksi saluran pernapasan.

Anda memang tidak perlu mencuci gorden seperti baju. Namun prinsipnya tetap dibersihkan dan dicuci secara rutin, entah seminggu atau dua minggu sekali, sebulan sekalipun masih baik. Yang penting rutin tuk dibersihkan.

 

Nah, itu tadi beberapa akibat jika gorden Anda dibiarkan kotor begitu saja, jangan sampai dampaknya terjadi pada gorden di rumah Anda juga ya. Oleh sebab itu, yuk ikuti tips mencuci gorden yang tepat berikut ini:

 

  1. Gunakan Vacuum Cleaner terlebih dahulu

Seperti yang sudah disebutkan tadi, debu adalah noda yang sering menempel di gorden dan bisa memicu munculnya tungau. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan vacuum cleaner terlebih dahulu, jadi tidak semata-mata langsung mencucinya dengan air dan sabun cuci.

Lakukan pembersihan hingga berbagai sisi gorden, penggunaan vacuum juga sangat membantu apabila gorden berukuran lebar dan besar. Sedot debu secara maksimal supaya saat direndak nanti tidak menyita terlalu banyak waktu Anda.

 

  1. Lakukan proses perendaman

Nah, untuk membuat debu semakin terangkat dengan cepat, sebaiknya rendam gorden terlebih dahulu. Untuk menghilangkan debu secara maksimal, Anda bisa merendam gorden pakai detergent dan air terlebih dahulu.

Siapkan seember air yang sudah dicampur dengan detergent, Anda bebas gunakan yang bubuk ataupun yang cair. Lakukan perendaman selama kurang lebih 30 menit.

Dengan perendaman ini, membuat proses pencucian lebih mudah serta memastikan kotoran serta partikel kecil lain bersih maksimal. Tapi ingat, penting untuk memastikan cara pencucian gorden yang tepat supaya sesuai dengan jenis bahan supaya tidak rusak, jadi ikuti panduan perawatan.

 

  1. Bersihkan dengan mesin cuci

Jangan disikat, Anda bisa membersihkan gorden menggunakan mesin cuci dengan kecepatan sedang saja. Memaksa membersihkan gorden dengan cara menyikatnya malah bisa membuat bahan gorden menjadi rusak, apalagi jika tidak dilakukan secara hati-hati.

Anda bisa memanfaatkan mesin cuci untuk proses pembersihan yang lebih tepat dan lebih aman. Cukup siapkan air dan detergent, atur spin perputaran menggunakan tenaga sedang. Disarankan untuk tidak menggunakan kecepatan kencang supaya tidak merusak gorden yaa. Untuk menjaga tampilannya, jangan campur gorden dengan pakaian lain saat dicuci.

 

  1. Bilas dengan tepat dan keringkan

Selain proses pembersihan, Anda disarankan untuk membilas gorden berulang-ulang supaya busa yang menempel bisa benar-benar hilang. Pastikan membilas gorden dengan benar dari sisa busa dipermukaannya. Sisa busa yang berlebih bisa menimbulkan bau apek.

Selanjutnya, Anda bisa mengeringkannya dengan mesin cuci namun gunakan tenaga sedang saja. Bisa juga menjemurnya di bawah sinar matahari langsung supaya cepat kering. Namun segera angkat jika pengering sudah menyeluruh supaya tidak membuat warna menjadi pudar. Jika sudah Anda tinggal pasang kembali deh gorden ke tempat semula.

 

Nahhh, begitulah berbagai akibat dan cara mengatasi gorden Anda yang kotor. Jika merasa terlalu ribet atau Anda yang sedang sibuk. Anda dapat menyerahkannya pada agen pembersih terpercaya seperti Haidee Care yuk! Anda hanya cukup menghubungi admin Haidee Care dan meminta rekomendasi treatment yang terbaik, sebelumnya Anda bisa memberi tau masalah kebersihan pada gorden Anda kepada Admin. Kami menggunakan alat dan cairan yang tepat dan aman untuk gorden Anda. Di Haidee Care mau treatment Hydrovacuum atau cuci bisa banget lohh!! Yuk hubungi admin tuk booking sekarang juga!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *