Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Mobil Bau Apek Karena Kotoran yang Menumpuk

Diterbitkan Sabtu, 27 Juli 2024

Menjaga kondisi mobil agar tetap bersih adalah hal yang utama terutama untuk para pemilik mobil. Selain menjaga kebersihan di bagian luar, kabin mobil pun tak luput perhatian agar tak memunculkan bau yang tak sedap saat berada di dalam mobil.

Setidaknya terdapat sejumlah cara untuk mengatasi mobil yang berbau tak sedap yang perlu diketahui oleh setiap pemilik kendaraan. Dengan kondisi mobil yang bebas bau apek dan tak sedap, tentu berkendara akan menjadi lebih terasa nyaman.

Penyebab utama mobil berbau tak sedap yakni karena pemilik yang abai dalam menjaga kebersihan. Bau muncul bisa dari sampah yang terdapat pada kabin dalam waktu yang cukup lama, filter AC mobil yang kotor, karpet mobil yang jarang dibersihkan, hingga jok mobil kotor karena remahan makanan dan karena udara lembab.

Beruntungnya, cara menghilangkan bau yang tak sedap pada mobil ini cukup mudah. Bahkan, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan dapur untuk mengatasi masalah ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi mobil yang berbau tak sedap;

  1. Gunakan Vacuum cleaner

Cara pertama untuk engatasi mobil yang berbau tak sedap adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Vacuum ini dapat membersihkan debu dan kotoran seperti sisa makanan, sampah, bahkan serangga kecil di area-area yang sulit untuk dijangkau. Arena yang penting untuk Anda vacuum adalah karpet, sela jok dan area plafon.

  1. Pasang air purifier

Memasang air purifier di dalam mobil menjadi salah satu cara untuk menjaga kualitas udara di dalam mobil. Cara kerja alat ini yakni menyerap bau tak sedap dan menggantikannya dengan udara yang segar. Apalagi jika Anda sering merokok dan tergolong jarang untuk membersihkan kabin mobil. Udara kotor akibat debu, asap, maupun jamur dan bakteri akan menyingkir dengan memasang air purifier.

  1. Ganti filter AC

Cara mengatasi mobil yang berbau tak sedap berikutnya adalah dengan mengganti filter AC. Sebab, filter Ac mobil yang sudah kotor dan tak segera dibersihkan tidak akan mampu menyaring udara dari luar yang dihembuskan ke dalam kabin sehingga membuat mobil menjadi beraroma tak sedap.

  1. Jemur mobil

Bau tak sedap juga bisa disebabkan oleh kondisi kabin mobil yang lembab. Untuk mengatasinya, Anda bisa menjemur mobil di bawah sinar matahari langsung. Lepaskan karpet mobil dan buka semua jendela mobil untuk memaksimalkan penjemuran. Tak perlu lama-lama, cukup 1 jam saja untuk menghindari cat mobil menjadi kusam karena terlalu lama.

  1. Letakkan penyerap bau

Ada banyak produk penyerap bau dan jamur yang dijual di pasaran. Gunakan produk anti-bau ini untuk menghilangkan bau tak sedap pada mobil. Produk berbahan dasar bahan kimia ini dapat menyerap udara atau bau yang tak sedap disekitarnya, sekaligus menjaga kelembapan udara yang ada dalam mobil.

  1. Letakkan biji kopi

Biji kopi sendiri memiliki aroma yang kuat dan menyegarkan. Selain itu, kandungan kaein yang terdapat di kopi bisa menyeram asam sulfur yang menjadi penyebab bau yang tidak sedap pada mobil. Jika ingin aroma kopi lebih keluar, maka Anda bisa memilih kopi yang sudah menjadi bubuk. Sementara jika Anda ingin aroma yang ringan tapi awet, maka pilihlah biji kopi yang masih utuh. Lalu, tempatkan kopi di dalam wadah agar tidak mengotori lantai maupun kabin mobil.

  1. Manfaatkan bahan dapur

Bahan-bahan dapur yang alami seperti daun pandan, serai hingga kayu manis ternyata punya manfaat untuk menghilangkan bau yang tak sedap dari dalam mobil. Aroma wangi dari daun pandan dan kayu manis bisa mengusir bau yang tak sedap di dalam mobil. Anda bisa meletakkan beberapa helai daun pandan di daerah yang memiliki aroma tak sedap. Sementara jika ingin mendapat aroma segar pada kabin mobil, Anda bisa menggunakan serai yang telah digeprek dan dibiarkan beberapa saat.

Demikian cara mengatasi mobil yang berbau tak sedap. Jangan tunggu sampai kabil mobil muncul bau. Maka untuk menghindarinya, jaga selalu kebersihan didalam mobil. Tetapi tak sedikit dari orang-orang yak terlalu suka dengan bau-bau yang muncul dari bahan-bahan alami seperti kopi bahkan daun pandan atau daun serai.

Jika ingin mencuci jok mobil pun terbilang sulit dilakukan karena busa yang tebal dan sela-sela yang susah untuk dijangkau. Jalan satu-satunya untuk membersihkan jok mobil, karpet dan kabin mobil adalah dengan menggunakan Hydrovacuum. Hydrovacuum adalah alat seperti vacuum cleaner tetapi menggunakan bahan dasar air untuk mencuci jok hingga sela-selanya supaya tak merasa gatal-gatal saat mendudukinya dan untuk membersihkannya. Jika merasa terlalu ribet, Anda juga bisa mencuci jok mobil Anda di agen jasa pencucian jok mobil seperti di Haidee Care. Kami melayani jasa cuci jok mobil untuk menghilangkan noda atau bau pada jok mobil Anda.

Jika ingin membeli barangnya pun tak murah dan cukup jarang ditemui dipasaran. Tetapi di jaman yang sudah modern ini, banyak agen penyedia jasa untuk melakukan Hydrovacuum dan pencucian isi mobil seperti jok mobil, karpet, dan kabin yang terbilang mudah dan memakan waktu yang cukup singkat.

Di Haidee Care, kami menyediakan jasa Hydrovacuum untuk Jok mobil, karpet dan kabin mobil Anda yang kotor dan bau supaya tak terasa gatal, bahkan di Haidee Care menyediakan jasa untuk cuci jok mobil Anda yang kotor karena noda yang membandel dan karena bau. Tak hanya mobil, kami bersedia untuk meng-Hydrovacuum soft furniture Anda yang berada di dalam rumah sekali. Meski menggunakan air, Hydrovacuum tak akan meninggalkan bau yang apek, bahkan akan meninggalkan bau yang wangi dan sekitaran yang bersih karena kotoran seperti debu, remahan makanan bahkan tungau yang bersarang pun akan tersedot oleh Hydrovacuum hingga yang berukuran terkecil sekalipun. Tunggu apalagi? Hubungi admin sekarang juga untuk reservasi sekarang yuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *