Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Kasur Si Kecil yang Sering Kenal Ompol

Diterbitkan Minggu, 16 Juni 2024

Tak sedikit dari anak-anak yang masih sering mengompol saat sedang tidur, bahkan yang sudah bersekolah pun masih ada yang mengompol. Itu hal yang wajar ya Mom, dan akan berangsur menghilang saat si kecil mulai dewasa. Tapi juga tak sedikit orang yang risih dengan bekas ompol yang ada di kasur. Bukan hanya bau pesing yang mengganggu, ada beberapa efek yang bisa saja terjadi karena kasur Anda terkena ompol si kecil ataupun ompol dari hewan peliharaan.

Kasur yang terkena ompol bisa memiliki beberapa efek, terutama jika tidak segera ditangani dengan baik. Berikut adalah beberapa efek yang mungkin terjadi:

  • Bau Tidak Sedap

Ompol mengandung urea, yang ketika mengering dapat meninggalkan bau yang tidak enak pada kasur. Jika tidak dibersihkan dengan benar, bau ini bisa bertahan lama.

 

  • Noda dan Bekas

Ompol bisa meninggalkan noda pada kasur, terutama jika kasur memiliki permukaan yang menyerap cairan. Bekas ompol yang tidak dihilangkan dengan baik dapat membuat kasur terlihat kotor dan tidak sedap dipandang.

 

  • Kesehatan Kulit

Kulit yang terpapar ompol dapat mengalami iritasi atau ruam. Bakteri dan jamur juga dapat berkembang pada kasur yang lembap akibat ompol.

 

  • Kesehatan Anak

Kasur yang terkena ompol dapat memengaruhi kesehatan anak, terutama jika anak sering tidur di atasnya. Kulit anak yang terpapar ompol juga bisa mengalami masalah kesehatan.

 

Untuk mengatasi efek-efek ini, segera bersihkan kasur yang terkena ompol dengan benar. Jika bau atau noda masih bertahan, pertimbangkan untuk menggunakan pewangi atau produk pembersih khusus. Ingatlah bahwa menjaga kebersihan kasur sangat penting untuk kesehatan dan kenyamanan tidur.

Jika kasur anak Anda terkena ompol, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Segera Tangani

Jangan biarkan ompol mengering pada kasur. Semakin cepat Anda bertindak, semakin baik. Lepaskan sprei atau penutup kasur dan periksa seberapa dalam ompol meresap ke dalam kasur.

 

  1. Membersihkan Noda

Usap bagian yang terkena ompol dengan kain bersih dan basah. Hindari menggosok terlalu keras agar tidak merusak serat kain. Gunakan deterjen ringan untuk membersihkan noda. Oleskan sedikit deterjen pada kain dan usap lagi. Bilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa deterjen.

 

  1. Keringkan Kasur

Tekan-tekan kasur dengan kain kering untuk menyerap kelembaban. Anda juga bisa menggunakan pengering rambut pada suhu rendah. Jangan biarkan kasur terlalu basah karena ini dapat menyebabkan masalah lain seperti bau tidak sedap atau jamur.

 

  1. Pewangi

Setelah kasur kering, gunakan pewangi pakaian atau semprotan pewangi untuk menghilangkan bau ompol. Pastikan pewangi yang Anda gunakan aman untuk kulit anak-anak.

 

  1. Lapisi Kasur

Pasang sprei bersih atau penutup kasur setelah kasur benar-benar kering. Pastikan anak mengenakan pakaian tidur bersih sebelum tidur.

 

Kasur yang terkena ompol bisa menjadi masalah bagi banyak orang, terutama para orang tua yang memiliki anak kecil. Berikut adalah beberapa informasi dan saran mengenai cara mengatasi situasi ini:

  • Membersihkan Kasur yang Terkena Ompol

Islam mengajarkan pentingnya kebersihan, termasuk dalam hal membersihkan najis. Salah satu syarat sahnya ibadah, seperti shalat, adalah kebersihan. Najis dapat dibagi menjadi dua jenis: ainiyyah (masih terlihat, berbau, dan terasa) dan hukmiyyah (sudah hilang ketiga cirinya, tetapi kita tahu bahwa tempat tersebut terkena najis).

Kasur yang terkena ompol termasuk dalam najis hukmiyyah. Cara membersihkannya adalah dengan menyiramnya (dengan air mengalir) sampai kita yakin bahwa tempat tersebut sudah suci. Namun, ini bisa sulit dilakukan pada kasur karena memerlukan air yang mengalir dan dapat merusak kasur.

Alternatif lain adalah menyemprotkan pewangi untuk menutupi bau dan membungkus kasur dengan sprei agar tubuh tidak terkena najis saat tidur.

 

  • Menghilangkan Noda Ompol di Kasur

Jika Anda ingin menghilangkan noda ompol dari kasur, Anda bisa memanfaatkan deterjen, pelembut pakaian, dan pewangi pakaian. Caranya:

  • Usapkan material cair ini pada noda ompol.
  • Diamkan selama beberapa saat sebelum disikat.
  • Gunakan sikat yang halus agar tidak merusak serat kain.
  • Tekan-tekan kasur untuk memastikan lebih banyak cairan ompol terserap oleh kain. Pastikan kasur tidak terlalu basah lagi.
  • Setelah ompol kering, basahi kain lap dengan air bersih dan lap bagian yang terkena ompol. Kemudian lap dengan kain kering.

 

Jika kasur terkena ompol, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menghilangkan bau dan noda:

  • Membersihkan Kasur yang Terkena Ompol (Jika masih basah)
  • Lepaskan sprei atau penutup kasur dan segera cuci semua perlengkapan tempat tidur.
  • Usap bagian yang terkena ompol dengan kain bersih dan basah. Hindari menggosok terlalu keras agar tidak merusak serat kain.
  • Buat larutan setengah air dan setengah cuka putih, lalu semprotkan pada area yang terkena ompol. Usap lagi dengan kain bersih.
  • Taburi baking soda secara merata di seluruh permukaan kasur. Biarkan baking soda bekerja selama minimal 8 jam.
  • Vakum sisa baking soda dan periksa apakah bau dan noda sudah hilang. Ulangi langkah 4 hingga 9 jika diperlukan.

 

  • Menghilangkan Noda Ompol yang Sudah Kering
  • Jika noda sudah mengering, Anda perlu menggunakan solusi pembersih yang lebih kuat.
  • Campur 8 ons hidrogen peroksida, 3 sendok makan baking soda, dan beberapa tetes sabun cuci piring. Semprotkan larutan ini pada area yang terkena noda dan biarkan mengering.
  • Setelah beberapa jam, vakum sisa baking soda dan periksa apakah noda masih ada. Ulangi jika perlu.
  • Perhatikan bahwa hidrogen peroksida dapat memudarkan beberapa bahan, jadi uji terlebih dahulu pada area kecil yang tidak terlihat sebelum menggunakannya pada noda yang lebih besar.

 

Ingatlah bahwa kebersihan adalah bagian dari iman, dan kita harus berusaha menjaga kebersihan dalam segala aspek dikehidupan kita. Ingat juga untuk melindungi kasur dengan penutup agar menghindari masalah serupa di masa depan. Dan juga Ingatlah bahwa kebersihan adalah hal yang penting, terutama ketika berurusan dengan anak-anak. Semoga informasi ini membantu!

Anda memiliki masalah yang serupa, kasur Anda atau kasur si kecil terkena ompol?? Saat hendak mencucinya Anda merasa lelah duluan karena mengingat berat kasur yang akan bertambah saat terkena air dan malas karena takut kasur yang tak mudah kering? Cuciin kasur Anda di Haidee Care saja yuk! Tak hanya di cuci, Anda bisa memilih beberapa treatment sekaligus dalam 1 waktu. Dengan harga yang terjangkau, akan membuat kasur Anda kembali seperti baru loh! Dengan cara yang aman dan detergent yang tak akan merusak bahan alami dari kasur Anda akan membuat Anda menjadi lebih tenang untuk melakukan treatment di Haidee Care. Tunggu apalagi? Hubungi admin Haidee Care sekarang juga yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *