Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Box Baby Tak Luput Dari Kotoran Penyebab Penyakit

Diterbitkan Minggu, 16 Juni 2024

New Mom pasti sudah menyiapkan berbagai barang saat akan datangnya si baby. Salah satu hal yang perlu disiapkan saat menyambut kelahiran buah hati adalah baby box atau tempat tidur sang bayi. Baby Box adalah tempat tidur bayi yang aman dan nyaman merupakan perhatian utama bagi para orang tua. Mengapa baby box terbilang penting? Dan mengapa bayi tidak tidur bersama orang tua di ranjang yang sama? Ternyata, tidur di ranjang atau kasur yang sama dengan bayi dapat berbahaya loh, Moms!

American Academy of Pediatrics merekomendasikan bagi orang tua untuk tidak berbagi tempat tidur dengan sang bayi. Berbagi tempat tidur daat meningkatkan risiko kematian bayi akibat SIDS (sudden infant death syndrome) atau sindrom kematian bayi secara mendadak. Terutama pada bayi prematur, bayi dengan berat badan lahir rendah, dan bayi sehat di bawah usia 4 bulan.

Tak hanya menyediakan baby box saja, Anda juga harus memperhatikan kebersihannya. Cek selalu secara berkala dan mencucinya secara rutin. Jika baby box Anda kotor, berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Periksa Kondisi Baby Box

Pertama-tama, periksa kondisi baby box secara menyeluruh. Pastikan tidak ada noda, kotoran, atau benda tajam yang dapat membahayakan bayi.

 

  1. Bersihkan dengan Lembut

Jika baby box hanya kotor ringan, Anda dapat membersihkannya dengan kain lembut yang telah dibasahi dengan air hangat dan sabun bayi. Hindari penggunaan bahan kimia yang keras atau berbau kuat.

 

  1. Keringkan dengan Baik

Setelah membersihkan baby box, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik. Kelembaban berlebih dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri atau jamur.

 

  1. Ganti Lapisan

Jika lapisan dalam baby box (seperti alas atau selimut) kotor, gantilah dengan yang bersih. Pastikan lapisan tersebut nyaman dan aman untuk bayi.

 

  1. Perhatikan Bahan Baby Box

Beberapa baby box memiliki bahan yang dapat dicuci. Jika memungkinkan, cuci bahan baby box sesuai petunjuk produsen.

 

  1. Jaga Kebersihan Secara Berkala

Selalu periksa baby box secara berkala dan pastikan kebersihannya. Bayi sangat sensitif terhadap lingkungan sekitarnya, jadi menjaga kebersihan baby box adalah hal yang penting.

 

Merawat baby box dengan baik akan memastikan kenyamanan dan keselamatan si kecil serta memperpanjang masa pakainya. Berikut beberapa tips untuk merawat dan memperpanjang umur pakai baby box:

  1. Pilih dengan Bijaksana
  • Hindari membeli baby box yang terlalu mahal karena harga tinggi tidak selalu menjamin kualitas.
  • Pilih model yang sederhana dan fungsional.
  • Hindari baby box dari kayu yang memiliki tekstur kasar atau mengeluarkan getah.
  • Pastikan pagar baby box tidak mudah dibuka, diturunkan, atau memiliki celah yang terlalu lebar.

 

  1. Ukuran yang Tepat
  • Pilih ukuran yang tidak terlalu luas atau terlalu sempit.
  • Ikuti rekomendasi American Academy of Pediatrics dengan tinggi pagar sekitar 50-60 cm.
  • Pastikan jarak antara pagar tidak terlalu renggang agar anggota badan bayi tidak terjebak.

 

  1. Kasur yang Aman
  • Pilih kasur yang tidak terlalu empuk. Kasur yang terlalu empuk dapat menyebabkan bayi tenggelam dan meningkatkan risiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).
  • Perhatikan posisi tidur bayi agar pernapasannya tidak terganggu.

 

  1. Periksa Secara Berkala
  • Periksa seluruh bagian baby box secara rutin.
  • Pastikan tidak ada cat terkelupas, sekrup yang longgar, atau bagian yang rusak.
  • Jangan lupa bahwa kasur bayi harus pas dengan ukuran baby box.

 

  1. Letakkan Dekat Anda
  • Tempatkan baby box di dekat tempat tidur Anda, sehingga Anda dapat memantau bayi dengan mudah.
  • Usahakan baby box berada di samping ranjang Anda setidaknya sampai bayi berusia 1 tahun.

 

Dengan perawatan yang baik, baby box akan tetap awet dan nyaman digunakan hingga anak berusia 3 tahun. Berikut beberapa tips keamanan yang perlu diperhatikan saat menggunakan baby box:

  1. Menutup Baby Box dengan Hati-hati

Sebelum menutup baby box, pastikan kondisinya baik dan kokoh. Tutuplah baby box secara perlahan dan hindari gerakan tiba-tiba yang bisa membuat bayi terkejut atau merasa tidak nyaman.

 

  1. Tempat yang Tepat

Hindari menempatkan baby box di tempat yang tinggi dan berpotensi terjatuh. Letakkan baby box pada permukaan yang rata dan mudah dijangkau saat ingin memeriksa kondisi bayi di malam hari.

 

  1. Jauhkan Hewan Peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, pastikan baby box selalu tertutup rapat atau ditempatkan di area yang tidak dapat dijangkau oleh hewan peliharaan.

 

  1. Pengawasan Selalu Diperlukan

Saat bayi berada dalam baby box, pastikan selalu memantau keberadaannya. Jangan biarkan bayi sendirian dalam baby box, terutama jika sudah mulai aktif merangkak atau bergerak.

 

  1. Hindari Tempat yang Panas

Jangan letakkan baby box di tempat yang panas atau dekat dengan sumber panas seperti perangkat pemanas. Pastikan baby box selalu bersih dan kering.

 

Ingatlah bahwa baby box adalah tempat yang penting bagi kenyamanan dan keselamatan si kecil. Dan Anda juga harus selalu memeriksa petunjuk penggunaan dan perawatan dari produsen baby box yang Anda miliki. Pastikan untuk memeriksa ulang kondisi baby box secara berkala dan selalu perhatikan penggunaannya agar bayi tetap aman.

Jangan lupa untuk rutin membersihkannya supaya tak menjadi sarang berbagai penyakit, salah satunya adalah tungau. Demi kenyamanan si kecil, Anda juga perlu memperhatikan sabun yang Anda gunakan supaya tak jadi iritasi, karena kulit si kecil yang masih sangat rentan dengan alergi. Merasa terlalu sibuk untuk mencucinya secara rutin? Cucikan saja ke Haidee Care sekarang juga! Dengan menggunakan sabun yang aman untuk si kecil, dan metode yang tidak akan merusak bahan alami baby box si kecil, akan membuat Anda menjadi tenang tuk rutin mencucinya di Haidee. Yuk hubungi admin sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *