Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Cara Merawat Sofa Supaya Tak Cepat Rusak

Diterbitkan Sabtu, 27 Juli 2024

Sofa adalah furniture yang harganya cukup mahal. Dengan banyak jenis dan model sofa yang dijual di pasaran, mungkin akan terasa sulit untuk mempersempit semua pilihan dan memilih bagian yang benar-benar Anda sukai. Jadi, ketika Anda membeli sofa yang Anda sukai, perlu pastikan bahwa sofa tersebut akan tahan lama. Ini adalah kunci dari perspektif keuangan dan lingkungan.

Kita semua tau bahwa sofa memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari menonton TV, membaca buku atau koran, hingga bersantai, semuanya kita lakukan di sofa. Biasanya, banyak orang yang mencari model sofa yang estetik dengan rangka yang kuat supaya bisa tahan lama. Padahal, melihat dari material dan bahan sofa saja tidak cukup untuk menjaganya tanpa melakukan perawatan sofa secara berkala.

Memang, beberapa toko furniture menyediakan garansi untuk setiap pembelian sofa atau barang lainnya. Namun, kita tetap perlu rutin membersihkan dan menjaganya sengan sebaik mungkin. Lantas bagaimana cara merawat sofa agar tetap awet?? Tenang, memelihara sofa agar tahan lama bukanlah hal yang sulit. Yuk pahami cara merawat sofa dengan benar sesuai cara berikut ini.

  1. Bersihkan segera setelah terkena noda

Menikmati camilan sambil duduk bersantai di sofa memang menyenangkan. Namun, hal ini dapat meningkatkan risiko menumpahkan makanan bahkan minuman pada sofa. Jika itu terjadi, bersihkanlah sofa sesegera mungkin untuk mencegah timbulnya bercak atau noda yang membandel. Anda bisa membersihkan sofa dengan menggunakan air sabun dan kain mikrofiber yang lembab, lalu gosok secara perlahan agar bahan sofa tidak mengelupas.

  1. Letakkan sofa jauh dari sinar matahari langsung

Sinar matahari langsung dapat merusak lapisan sofa dan membuat warnanya menjadi pudar. Bila Anda menempatkan sofa di dekat jendela, Anda bisa memasangkan gorden untuk mengurangi paparan cahaya secara langsung. Tidak hanya sinar matahari, Anda juga harus menjauhkan sofa dari sumber panas seperti kulkas, pipa dan perapian.

  1. Bersihkan sofa secara rutin

Setiap perabotan rumah tangga pasti perlu dibersihkan secara rutin, begitu pula dengan sofa. Anda bisa membersihkannya dengan penyedot debu dan kemoceng setiap 1 minggu sekali. Untuk deep cleaning, anda bisa melakukannya setiap 1 tahun sekali dengan menggunakan jasa Haidee Care sebagai tenaga kebersihan yang profesional. Anda dapat mencucinya di Haidee Care saja.

  1. Hindari duduk di atas lengan sofa

Ketika sofa penuh dan tidak ada ruang yang tersisa untuk duduk, kita pasti akan lebih suka duduk di atas sandaran lengan sofa. Padahal hal ini dapat membuat sandaran lengan jadi melengkung karena tidak kuat untuk menahan beban. Sebagai gantinya, pilih sofa yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Kemudian, sediakan juga bantal duduk dan kursi lipat sebagai tempat duduk tambahan yang akan berguna jika di butuhkan.

  1. Hindari menduduki sofa hanya di satu sisi saja

Mungkin Anda sudah memiliki spot yang nyaman saat duduk di sofa. Namun, menduduki sofa di posisi yang sama terus-menerus akan membuatnya kempis sebelah. Maka dari itu, duduklah di posisi kanan dan kiri secara merata untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

  1. Bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner secara teratur

Vacuum cleaner tidak hanya untuk lantai. Anda juga dapat menggunakannya di sofa Anda yang terasa kotor. Namun, pastikan dahulu untuk merujuk pada panduan kain pelapis pada sofa terlebih dahulu untuk menentukan apakah metode pembersihan ini aman ataupun tidak.

 

  1. Membersihkannya dengan cara mencuci sofa

Jika hydrovacuum hanya untuk menghilangkan debu, maka Anda dapat mencuci sofa Anda sendiri untuk menghilangkan noda yang ada di sofa Anda. Supaya dapat menghilangkan noda membandel, bau tak sedap bahkan bulu hewan peliharaan tersayang yang menempel pada sofa Anda. Tapi perlu diperhatikan saat hendak mencuci mengenai detergent dan cairan yang digunakan khusus untuk sofa.

 

Nah, begitulah beberapa cara yang dapat Anda praktekkan untuk menjaga sofa Anda supaya tak cepat rusak. Masih bingung untuk mencari jasa pembersih sofa yang terpercaya? Haidee Care hadir untuk membantu memecahkan kebingungan Anda sekalian. Noda membandel, bau tak sedap, kotoran yang terselip di lipatan sofa, bahkan tungau penyebab gatal dan penyakit pun bisa kami bersihkan dengan menggunakan paket Hydrovacuum atau cuci sofa hanya di Haidee Care. Yuk tunggu apalagi, hubungi admin segera yaa.

Jika ragu untuk melakukan hydrovacuum, Anda juga dapat menggunakan jasa Cuci sofa di Haidee Care. Taukah kalian jika sofa ternyata bisa dicuci? Tentu saja bisa!! Tetapi jika mencuci dengan asal-asalan atau bahkan tidak kering secara sempurna bisa meninggalkan bau yang tak sedap atau bahkan noda bercak yang baru. Atau bisa saja, jika mencuci menggunakan detergent yang salah malah bisa merusak bahan dari sofa tersebut. Maka, percayakan saja kepada agen jasa pembersih yang sudah profesional, yaitu Haidee Care. Yuk cuci sofa Anda hanya di Haidee Care saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *