Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Tradisi Bersih-Bersih Menjelang Lebaran

Diterbitkan Minggu, 16 Juni 2024

Tak terasa sudah memasuki minggu ke 2 di bulan puasa Ramadhan. Tak lama lagi bulan suci Ramadhan akan meninggalkan kita semua terutama bagi penganut agama Islam. Di bulan Ramadhan ini, umat Muslim biasanya mulai disibukkan dengan beragam kegiatan. Mayoritas masyarakat Indonesia akan melakukan persiapan mudik ke kampung halaman dan sibuk keluar masuk pasar atau pusat perbelanjaan untuk membeli baju lebaran.

Semakin mendekati hari raya, masyarakat juga akan sibuk untuk melakukan bersih-bersih. Islam sangat menjunjung tinggi tentang kebersihan lingkungan. Bersih-bersih rumah jelang Lebaran sudah menjadi suatu tradisi. Di hari raya Idul Fitri yang berarti kembali suci, tidak hanya hati yang bersih, melainkan juga rumah beserta isinya.

Umumnya tidak hanya membersihkan rumah. Sebagian masyarakat bahkan mengecat ulang rumah agar tampil lebih menarik pada hari raya. Jadi, tidak hanya penghuninya yang tampil menawan, tetapi rumah yang ditempatinya pun akan lebih sedap dipandang. Terutama saat menerima tamu, banyak orang ingin terlihat mewah dan bersih saat adanya kunjungan entah dari teman ataupun keluarga.

Terutama di tahun ini sudah tidak ada pembatasan seperti PSBB seperti tahun-tahun sebelumnya. Tradisi kumpul keluarga dan silaturahmi dengan kerabat akan kembali dilakukan. Anda tentu tidak ingin memberi kesan buruk pada orang-orag karena rumah tak tidak bersih. Tidak sedikit juga yang merenovasi sisi rumah tertentu, seperti atap ataupun pagar. Bagian rumah yang harus terlihat kinclong adalah ruang tamu dan dapur atau ruang makan. Dua tempat yang akan menjadi pusat tamu untuk berkumpul saat lebaran.

Tradisi ini tetap dilestarikan, tujuannya agar tamu dapat singgah dengan nyaman saat berkunjung untuk mempererat tali silaturahmi. Jika rumah bersih dan cantik, maka anggota keluarga yang mudik ke kampung halaman juga akan merasa disambut dengan layak setelah lama tidak pulang ke rumah. Berikut beberapa tradisi yang masih banyak berjalan di lingkungan sekitar kita.

 

Bersih-bersih makam

Kegiatan bersih-bersih makam juga sudah menjadi sebagian tradisi menjelang lebaran, sebenarnya juga dilakukan sebelum Ramadhan tiba. Masyarakat Muslim di pulau Jawa khususnya Jawa Tengah tidak hanya membersihkan rumah saat menjelang Ramadhan. Mereka melakukan tradisi nyadran, yaitu bersih-bersih makam. Nyadran berasal dari bahasa Sansekerta, Sraddha yang artinya keyakinan.

Masyarakat yang melakukan tradisi ini meyakini bahwa membersihkan makam adalah simbol dari pembersihan diri dan menghormati yang telah tiada. Bukan hanya hubungan manusia dengan Sang Pencipta saja, nyadran ini dilakukan sebagai bentuk bakti kepada para pendahulu dan leluhur.

Selama prosesi nyadran berlangsung dapat tercipta kerukunan serta hangatnya persaudaraan antarwarga. Tradisi ini telah dijaga dan dilestarikan sejak ratusan tahun lamanya dan masih kental dilakukan terutama di pedesaan.

 

Tips membersihkan rumah sebelum Idul Fitri

Kegiatan bersih-bersih rumah menjelang Idul Fitri dilakukan dalam rangka membangkitkan semangat lebaran. Berikut ini Haidee akan bagikan beberapa tips mudah membersihkan rumah menjelang lebaran. Apa saja yang perlu disiapkan? Yuk simak berikut ini!

  1. Aturlah jadwal membersihkan rumah

Tips pertama sebelum Anda mulai bersih-bersih adalah mengatur jadwal. Karena banyak ruang di dalam rumah dan banyak bagian rumah yang harus dibersihkan, Anda bisa mulai membersihkan rumah di H-3 atau H-1 sebelum lebaran. Buatlah jadwal yang tepat untuk membersihkan rumah. Agar menghemat tenaga, Anda bisa membersihkan bagian rumah secara bertahap. Misalnya, mulai dari membersihkan kamar mandi, lalu esok hari dilanjut untuk membersihkan ruang tamu dan seterusnya.

Tidak hanya membersihkan rumah, Anda juga harus memperhatikan furniture rumah. Jangan lupa cucilah gorden, sarung bantal sofa, dan lainnya minimal satu minggu sebelum lebaran.

 

  1. Pembagian tugas membersihkan rumah

Jika Anda tinggal bersama anggota keluarga yang lain, maka Anda bisa membagi tugas membersihkan rumah menjelang lebaran, sehingga pekerjaan akan menjadi lebih ringan karena dikerjakan bersama-sama.

Selain membuat rumah menjadi rapi, membersihkan rumah bersama keluarga akan membuat Anda dan keluarga menjadi semakin kompak, dan kedekatan sesama keluarga akan menjadi lebih erat lagi.

 

  1. Siapkan alat kebersihan

Sebelum mulai membersihkan rumah, sebaiknya Anda siapkan alat-alat kebersihannya terlebih dahulu. Siapkan sapu, kain pel, lap, kemoceng, cairan pembersih, dan sebagainya. Bedakan juga peralatan untuk membersihkan area tertentu dengan area lainnya. Misal, memberdakan sapu luar teras dengan sapu dalam rumah. Dengan demikian area yang bersih tidak akan tercemar dengan area kotor dari luar rumah.

 

  1. Bersihkan ruang tamu

Ruang tamu akan menjadi area utama sebagai tempat tamu singgah. Karena itu, Anda perlu membersihkannya sebaik mungkin bahkan jika perlu beri dekorasi khas lebaran. Bersihkan debu dan kotoran pada kursi, meja, lemari pajangan, hingga jendela dan ventilasi ruang tamu. Bersihkan jendela bagian dalam dan luar dengan menggunakan cairan pembersih kaca. Tambahkan difuser agar ruangan menjadi lebih segar.

 

  1. Bersihkan dapur dan meja makan

Makan bersama adalah salah satu kegiatan lebaran yang tak bisa dilupakan. Biasanya Anda dan keluarga akan menyantap makanan Hari Raya seperti ketupat dan opor selepas sholat idul fitri. Belum lagi jika Anda mengadakan acara open house, tentunya banyak kerabat akan datang tuk makan bersama di rumah dan sudah pasti area dapur dan meja makan akan sangat ramai.

Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan dapur dan ruang makan dengan benar. Beberapa area seperti meja makan, kompor, tempat memasak, kulkas, dan sudut lainnya juga perlu dibersihkan. Dapur yang bersih akan membuat para tamu menjadi nyaman.

 

  1. Bersihkan kamar mandi

Selain ruang tamu, dapur dan meja makan, kamar mandi juga menjadi area yang sering digunakan tamu. Gunakanlah cairan desinfektan untuk membersihkan kamar mandi di seluruh bagian. Jangan lupa untuk menyikat westafel, kloset, dan mengisi ulang sabun cuci tangan.

 

  1. Bersihkan area teras dan halaman rumah

Halaman depan rumah menjadi area pertama yang diperhatikan oleh tamu. Anda perlu membersihkan itu agar lebih rapi. Anda bisa memotong rumpung yang sudah meninggi dan potonglah dedaunan yang sudah layu. Anda juga bisa menambahkan tanaman hias baru agar tampilan area halaman menjadi lebih segar. Jika masih sempat, sebaiknya Anda mengecat ulang dinding bagian rumah agar terlihat lebih fresh dan baru.

 

Itulah beberapa tips membersihkan rumah menjelang lebaran. Sambut Hari Raya Idul Fitri dengan rumah yang bersih dan nyaman untuk tamu dan keluarga. Furniture Anda memiliki noda yang sukar tuk dihilangkan, dan soft furniture Anda terasa kotor dan memiliki bau yang tidak sedap? Treatment di Haidee Care saja yuk! Dengan melakukan treatment di Haidee Care maka akan meringankan pekerjaan bersih-bersih Anda saat menjelang lebaran seperti ini. Bingung mau menggunakan treatment mana yang lebih cocok? Bisa Anda konsultasikan dengan admin Haidee Care untuk meminta saran treatment terbaik yang perlu Anda dapatkan. Yuk r

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *