Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Bahaya Mengerikan Jok Mobil yang Jarang Dibersihkan

Diterbitkan Sabtu, 27 Juli 2024

Merawat mobil tak harus selalu berurusan dengan mesin ataupun eksterior (bagian luar mobil). Interior atau barang yang ada didalam mobil pun harus selalu terjaga kebersihannya. Selain membuat nyaman, interior yang terawat juga terlindung dari potensi penyakit.

Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan jok mobil. Jok yang lama tak dirawat tentu akan menganggu kesehatan tubuh terutama bagian kulit. Hal ini diungkapkan dokter spesialis kulit di Rumah Sakit Permata Cibubur, Nur Dalilah. Ia mengatakan ‘Perawatan jok mobil tak boleh luput dari perhatian pemilik kendaraan, jok mobil yang jarang dibersihkan akan berbeda dengan yang sering dibersihkan’ kata Dalilah kepada VIVA, di Jakarta, Jum’at 5 Januari 2018.

Menurutnya, dari tipe bahan sarung jok mobil juga mempengaruhi timbulnya sejenis kutu, tungau, debu dan hal kotor lainnya penyebab penyakit. Bahan yang rentan dengan hal itu biasanya berbahan kain beludru. ‘Kalau yang berbahan kulit sintetis dengan tampilan licin dan mengkilap biasanya lebih aman daripada yang bahan beludru’ ujarnya. Kata ia, gangguan kesehatan yang biasa ditimbulkan dari malas membersihkan interior mobil seperti jok, cenderung bisa terkena potensi penyakit insect bite atau alergi kulit. Atau istilahnya peradangan kulit yang muncul pada orang risiko alergi dan memiliki riwayat atopi atau kecenderungan genetik untuk mengembangkan penyakit alergi.

Solusinya, jika tidak memungkinkan untuk mengganti jok, Anda dapat bantu membersihkan dengan pembersih jok lewat bantuan servis khusus pembasmi hama atau di-vacuum rutin. Sejauh ini ada keluhan terkait dengan alergi biasanya karena debu atau tungau dari jok mobil ataupun sofa’ kata Dalilah.

Demi kenyamanan saat berkendara, kebersihan jok mobil harus tetap terjaga. Komponen interior mobil ini harus senantiasa bersih dan wangi. Pada dasarnya, cara membersihkan jok mobil terbilang cukup mudah. Nah, di artikel ini kami akan coba membahas cara-caranya untuk Anda. Sebelum kami jelaskan cara-caranya, alangkah baiknya Anda simak terlebih dahulu seputar tips membersihkannya terlebih dahulu. Tujuannya adalah supaya proses pembersihan jok bisa lebih optimal lagi. Berikut adalah tips-tips nya:

  • Kenali bahan jok yang digunakan, pasalnya masing-masing bahan jok membutuhkan cairan pembersihan yang berbeda.
  • Kenali jenis kotoran atau noda yang ada di jok karena beberapa noda tidak bisa dihilangkan begitu saja.
  • Menggunakan cairan pembersih yang harus untuk kotoran-kotoran yang berbau seperti kotoran sisa makanan, muntahan, atau air kencing.

 

Cara membersihkan jok mobil berbahan kain

Kain merupakan salah satu jenis material atau bahan yang masih digunakan oleh beberapa pabrikan mobil. Cara membersihkan jok dari bahan kain ini tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kain yang biasa digunakan adalah jenis kain tenun yang umumnya mudah rusak.

Pastikan Anda membersihkan jok kain dengan cara yang lembut. Selain itu, ikuti juga langkah-langkah berikut untuk mengoptimalkan proses pembersihannya.

  1. Gunakan botol semprotan untuk campuran sabun

Siapkan botol semprotan yang sudah tidak terpakai. Kemudian campurkan sabun cuci piring atau detergent dan air ke dalam botol tersebut.

  1. Semprotkan ciran sabun ke seluruh bagian jok

Setelah cairan pembersih disiapkan, silahkan semprotkan ke seluruh area jok khususnya yang kotor tadi. Semprot dengan jarak 20 cm lalu gosok menggunakan sikat yang lembut seperti sikat gigi secara perlahan.

  1. Bersihkan bekas sabun

Sabun yang Anda gunakan tadi biasanya akan menimbulkan bekas pada jok kain. Namun Anda jangan khawatir, Anda bisa menghilangkannya dengan kain yang sudah Anda rendam dalam air hangat.

 

Cara membersihkan jok mobil berbahan Vinyl

Bahan jok yang satu ini tergolong lebih mudah dibersihkan. Pasalnya, vinyl adalah material yang memiliki tekstur licin layaknya plastik. Berikut cara membersihkannya.

  1. Gunakan sabun cair yang sudah dicampur air untuk membersihkan jok berbahan vinyl tadi.
  2. Usapkan cairan pembersih yang sudah dibuat menggunakan spons ke seluruh area jok vinyl.
  3. Jika ada noda yang cukup membandel, Anda bisa gunakan sikat gigi untuk menggosoknya dengan lemut hingga noda tersebut hilang.
  4. Setelah dibersihkan menggunakan cairan pembersih dan spons, kemudian gunakan kain lap untuk menghilangkan sisa air sabun.

 

Cara membersihkan jok mobil berbahan kulit

Untuk membersihkan jok mobil dari kulit, Anda harus menggunakan sebuah detergen khusus. Pasalnya, perlakuan bahan kulit untuk jok dan untuk aksesoris lain seperti tas maupun jaket tergolong sama. Berikut cara-caranya:

  1. Bersihkan debu-debu terlebih dahulu menggunakan vacuum.
  2. Usapkan detergent khusus untuk bahan kulit ke seluruh area jok kulit setelah menggunakan vacuum.
  3. Sikat menggunakan sikat gigi dengan lembut jika terdapat noda membandel yang susah untuk dibersihkan hanya dengan spons.
  4. Keringkan sisa detergnt menggunakan kain halus.
  5. Untuk finishing, gunakan bahan poles agar bahan kulit jok tampang mengkilap.

 

Cara menghilangkan jamur di jok mobil

Selain noda dan kotoran, permasalahan lain yang kerap muncul pada jok yaitu jamur. Ciri-ciri jok yang berjamur ditandai dengan munculnya bintik-bintik berwarna hitam ataupun putih. Namun jangan khawatir, berikut cara membersihkan jok mobil yang berjamur secara mudah.

  1. Gunakan cairan khusus untuk menghilangkan jamur pada jok. Bisa juga menggunakan campuran sabun cuci piring dan pemutih pakaian dengan berbandingan 1:1.
  2. Bersihkan terlebih dahulu kotoran-kotoran dengan menggunakan vakun sebelum dilap menggunakan cairan pembersih.
  3. Tuangkan cairan pembersih jamur menggunakan spons ke seluruh area jok yang berjamur. Gosok sampai jamurnya menghilang, Anda bisa menggunakan sikat cucian atau sikat gigi yang lebih halus supaya tak merusak tekstur.
  4. Bersihkan sisa cairan pembersih dengan menggunakan kain microfiber yang bersih.

 

Mudah sekali bukan, cara membersihkan jok mobil? Anda dapat mencoba dan melakukannya sendiri di rumah. Namun, apabila keterbatasan waktu sehingga tidak dapat melakukannya, ata khawatir akan merusak jok mobil premium, silahkan hubungi Haidee Care saja untuk menjadwalkan pencucian jok mobil Anda. Jadi, tunggu apalagi? Jadwalkan dan reservasi melalui chat admin Haidee Care dan nikmati layanan booking service online serta dapatkan berbagai promo yang tersedia dari Haidee Care sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *