Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Tanda Keberadaan Tungau dan Cara Mengobati Penyakit Kulit Akibat Tungau

Diterbitkan Minggu, 16 Juni 2024

Khawatir kasur atau sofa yang Anda tempati menjadi sarang tungau? Bukan berarti Anda jorok, kok. Pasalnya tungau atau kutu kasur memang mudah berpindah. Anda bisa menemukannya di bagian rumah yang sangat bersih atau rumah yang kurang terjaga kebersihannya. Tungau kasur merupakan serangga kecil yang biasanya aktif menghisap darah pada pukul 02.00-05.00 pagi. Selain di kasur dan sekitar tempat tidur, tungau kasur juga biasana bersembunyi di celah-celah kursi, sofa, tirai atau karpet.

Gigitan tungau biasanya itandai dengan munculnya bintik merah kecil dan gatal. Jika diperhatikan, bintih merah ini biasanya membentuk garis lurus, dilansir dari Sleep Education. Bagaimana cara mendeteksi keberadaan tungau atau kutu kasur di rumah Anda? Berikut ini tanda-tanda yang bisa Anda cermati.

  1. Gatal karena gigitan serangga saat tidur

Menurut Medical News Today, tanda paling jelas keberadaan kutu kasur adalah dengan munculnya sensasi gatal pedih di kulit akibat gigitan serangga yang terjadi saat tidur. Tungau atau kutu kasur memang biasanya aktif saat malam hari, terutama saat manusia sedang tidur. Karena dengan begitu mereka bisa menggigit dan menghisap darah manusia dengan lebih leluasa.

  1. Terdapat butiran putih mirip selasih

Cermati lipatan, jahita, atau jumbai pada kasur. Jika ada tungau, biasanya Anda akan menemukan butiran-butiran putih atau kuning pucat yang bentuknya mirip dengan biji selasih. Itulah telur tungau atau kutu kasur. Biasanya bersama telur juga ditemukannya kulit mati tungau. Pasalnya, larva tungau akan mengalami pergantian kulit hingga beberapa kali sebelum mencapai bentuk dewasanya.

  1. Ada bercak gelap pada kasur

Perhatikan juga apakah ada bercak-bercak mirip tinta yang bewarna coklat tua atau serupa noda karat menyebar di kasur Anda. Kemungkinan besar ini adalah kotoran tungau atau kutu kasur yang bersarang di kasur Anda.

  1. Aroma khas tungau atau kutu kasur

Keberadaan tungau atau kutu kasur bisa ditandai dari baunya. Kasur yang menjadi tempat berkembag biak tungau biasanya memiliki aroma apek yang sedikit mirip ketumbar.

  1. Bentuk gigitan tungau atau kutu kasur

Tungau atau kutu kasur kerap enggigit kulit manusia saat malam hari. Area gigitan biasanya meliputi bagian kulit yang terbuka saat tidur, misalnya leher, wajah, tangan, lengan, dan betis. Bekas gigitan biasanya membentuk bentol merah yang terasa gatal dan pedih, mirip gigitan nyamuk setelah beberapa jam.

  1. Tidur tidak nyenyak

Manusia yang darahnya dihisap oleh tungau atau kutu kasur biasanya menderita gangguan tidur, pasalnya istirahatnya menjadi tidak nyenyak. Beberapa orang juga mengalami gangguan pernapasan, stres atau reaksi alergi.

 

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menangani atau meredakan rasa gatalnya, yaitu:

  1. Membersihkan bintik gigitan dengan air hangat dan sabun
  2. Kompres bagian yang terkena gigitan dengan handuk yang telah dicelupkan ke dalam es atau air dingin
  3. Oleskan krim antigatal, seperti calamine,hydrocortisone, atau antihistamin
  4. Jangan lupa untuk tidak menggaruk gigitan tungau kasur, agar tidak menimbulkan luka lainnya dan juga bekas pada kulit

 

Cara menghilangkan tungau dari kasur

Jika Anda menemukan tungau atau kutu kasur di tempat tidur, segera lakukan ini. Jemur kasur di bawah sinar matahari. Bersihkan kasur dan kamar secara rutin dan menyeluruh dengan vacuum cleaner. Semprotkan cairan kimia pembunuh serangga atau obat pembasmi serangga khusus tungau. Tapi baca petunjuknya dan gunakan secara hati-hati.

Anda juga bisa membasmi tungau dengan beberapa cara berikut:

  1. Cuci semua pakaian dan selimut dengan air hangat, lalu keringkan dalam suhu panas selama kurang lebih 30 hingga 60 menit
  2. Sikat kasur menggunakan sikat kaku untuk menghilangkan tungau kasur beserta telurnya
  3. Bersihkan tempat tidur dengan alat penghisap debu untuk menghilangkan tungau kasur yang mungkin bersembunyi di sela-sela
  4. Bisa memungkinkan, bungkus dan simpan kasur selama kurang lebih satu tahun untuk mencegah tungau kasur menjalar ke tempat lainnya. Hal ini juga memastikan semua tungau kasur sudah benar-benar mati.
  5. Panggil pembasmi hama atau serangga tungau, seperti Haidee Care

Gigitan tungau kasur biasanya akan sembuh dengan sendiri dan hilang setelah 1-2 minggu. Namun, jika Anda mengalami demam, sesak napas, sakit dada, mual, pusing, atau wajahnya bengkak setelah digigit tungau kasur, segera bawa ke dokter. Itulah sedert cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati penyakit kulit akibat tungau kasur.

Mau basmi tungau tapi tidak mau ribet? Panggil Haidee Care saja yuk. Anda bisa pakai paket sedot Tungau atau Paket Goodsleep yang berisi cuci dan Hydrovacuum. Petugas yang bekerja adalah petugas yang sudah ahli dengan mesin modern. Alat dan cairan yang digunakan aman untuk furniture Anda, tidak akan merusak bahan furniture Anda. Tunggu apalagi? Hubungi Haidee Care sekarang juga yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *