Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Sofa yang Nyaman Saat Diduduki

Diterbitkan Minggu, 16 Juni 2024

Sofa merupakan salah satu soft furniture penting yang diperlukan untuk mengisi rumah. Sofa biasanya akan ditaruh di ruang tamu ataupun ruang berkumpul keluarga. Tak heran jika sofa bisa sangat cepat bau, kotor dan rusak karena ia digunakan oleh siapa saja yang hendak duduk. Apalagi posisinya berada di ruang tamu, tentu yang duduk di atas nya tak hanya seisi rumah tapi bisa saja tamu yang berdatangan ke rumah untuk berkunjung.

Pasti malu saat ada tamu merasa tak nyaman duduk di atas sofa karena kotor, bau atau karena unsur sofa ada yang berubah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk perawatan sofa agar selalu terjaga dan membuat nyaman saat diduduki.

Sofa yang kotor dan berbau tak sedap bisa mengganggu kenyamanan di rumah. Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasinya:

  • Kotoran dan Sisa Makanan

Kotoran seperti debu, sisa makanan, atau minuman yang bercecer di permukaan sofa dapat menyebabkan bau tak sedap. Rajin membersihkan sofa dengan menyedot debu dan mengelap permukaannya setidaknya seminggu sekali dapat membantu menjaga kebersihannya.

 

  • Tumbuhnya Jamur dan Bakteri

Sofa yang sering ditempati hewan peliharaan atau terkena kelembapan berlebih dapat menjadi tempat tumbuhnya jamur dan bakteri. Pastikan sofa selalu kering dan terhindar dari kelembapan berlebih. Hindari meletakkannya di tempat yang lembap atau di bawah sinar matahari langsung.

 

  • Keringat dan Bakteri Tubuh

Penggunaan sofa secara terus-menerus dapat menyebabkan penumpukan keringat dan bakteri dari tubuh. Bersihkan sofa secara berkala dan gunakan penutup sofa untuk melindunginya dari debu dan kotoran ketika tidak digunakan.

 

Dengan merawat sofa dengan baik dan mengatasi penyebab di atas, Anda dapat menjaga sofa tetap bersih dan harum. Berbeda dengan bau dan tampilan, posisi duduk yang tak nyaman juga bisa menjadi masalah baru. Sofa yang tidak nyaman saat diduduki bisa menjadi masalah yang mengganggu. Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasinya agar sofa lebih nyaman:

  • Bantal Sofa Terlalu Keras

Jika bantal sofa terasa terlalu keras, Anda dapat memperbaikinya dengan menambahkan sisipan bantal baru. Anda bisa mengganti bantal dengan busa yang lebih empuk atau membungkusnya dengan kain pelapis yang lembut. Jika masalahnya lebih pada sofa yang kurang mendukung, pertimbangkan untuk mengganti jok sofa dengan busa yang sesuai ukuran.

 

  • Pelapis

Jika anggaran Anda tidak memungkinkan untuk mengganti jok, Anda bisa melapisi sofa dengan sesuatu yang nyaman di tempat Anda duduk paling banyak. Ini akan melembutkan kursi dan meningkatkan kenyamanan. Gunakan pelapis atau selimut lembut di atas sofa untuk menambahkan bantalan.

 

  • Perhatikan Penggunaan Sofa

Berganti tempat duduk secara teratur agar semua sisi sofa mendapatkan tekanan yang sama. Duduk terus menerus di satu spot sofa dapat mengurangi massa bantalan dan mengurangi kenyamanan. Hindari melompat di atas sofa, karena getaran berlebih dapat merusak pegas serpentine di dalamnya.

 

Dengan berbagai tips yang sudah saya jelaskan di atas, tentu ada beberapa cara yang mungkin saja bisa berpengaruh untuk kenyamanan dalam penggunaan sofa di rumah Anda. Berikut beberapa cara merawat sofa agar lebih awet:

  • Penempatan yang Tepat

Pastikan sofa ditempatkan dengan bijaksana. Hindari meletakkannya di bawah AC atau di samping radiator, karena suhu ekstrim dan kurangnya kelembapan dapat menyebabkan bahan kulit retak. Juga, hindari meletakkan sofa di bawah sinar matahari langsung, terutama di dekat jendela atau pintu kaca.

 

  • Segera Bersihkan saat Terkena Noda

Sofa adalah tempat bersantai bagi siapa saja setelah beraktivitas diluar seharian. Banyak juga yang menggunakan sofa saat nyemil, makan ataupun minum. Jika ada tumpahan dari minuman atau makanan yang sedang dikonsumsi terkena permukaan sofa, segera bersihkan supaya tak menjadi noda bandel yang susah untuk dihilangkan.

 

  • Jauhkan dari Hewan Peliharaan

Kucing dan anjing sering menggunakan sofa sebagai tempat mengasah kuku. Tak hanya tempat untuk mengasah kuku, sofa juga biasanya digunakan anabul untuk bersantai yang membuat bulu mereka menempel pada permukaan sofa. Ajari mereka untuk menjauhi sofa agar tidak merusaknya.

 

  • Bersihkan dan Lindungi

Bersihkan sofa secara teratur dengan vacuum cleaner. Pastikan metode pembersihan aman untuk kain pelapis sofa. Gunakan penutup sofa untuk melindunginya dari debu dan kotoran ketika tidak digunakan.

 

Dengan merawat sofa dengan baik, Anda dapat memperpanjang umur pakai dan menjaga keindahannya. Jangan lupa untuk rutin bersihkan sofa di rumah Anda secara teratur. Anda cukup vakum dengan penyedot debu jika tak ada noda membandel di atas permukaan sofa. Tetapi jika memiliki noda membandel, Anda perlu mencucinya supaya tak menjadi sarang bakteri.

Bingung mau cuci sofa dan soft furniture lainnya dimana? Cuciin di Haidee Care saja yuk! Dengan berbagai treatment yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan soft furniture Anda, harga yang tak akan menguras isi dompet Anda akan menjadikan soft furniture lama Anda seperti baru kembali. Yuk hubungi admin Haidee Care sekarang juga! Semoga tips ini membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *