Instagram
@haideecare
Phone
081392946266
Email
haideelaundry@gmail.com

Boneka si Kecil Tak Luput dari Adanya Tungau

Diterbitkan Minggu, 16 Juni 2024

Tungau, atau yang juga dikenal sebagai dust mite, adalah mikroorganisme parasit yang sering kali ditemukan di rumah, termasuk di Indonesia. Mereka biasanya bersarang di tempat-tempat yang hangat dan lembap, seperti kasur, karpet, tirai, furnitur berlapis kain (seperti sofa), handuk, dan bahkan boneka si Kecil. Kotoran-kotoran tungau inilah yang dapat menyebabkan alergi pada manusia.

Beberapa tanda alergi yang disebabkan oleh tungau meliputi demam, bersin, dan pilek. Beberapa orang yang mengalami alergi karena tungau juga terkadang mengalami tanda asma, seperti kesulitan bernapas. Tungau berbahaya karena mereka memakan sel-sel kulit manusia. Oleh karena itu, penting untuk mengurangi jumlah tungau di rumah agar Moms dapat mengontrol alergi yang terjadi akibat tungau.

Berikut beberapa langkah yang dapat membantu mengurangi risiko paparan tungau:

  • Mencuci dengan air panas

Cuci sprei, bantal, dan selimut dengan air panas untuk membunuh tungau dan menghilangkan kotoran mereka.

 

  • Ganti sprei secara rutin

Selalu ganti sprei setidaknya seminggu sekali untuk mengurangi risiko tungau.

 

  • Bersihkan dengan vacuum cleaner

Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan kasur, karpet, dan furnitur lainnya secara teratur.

 

  • Hindari furnitur yang mudah retak atau bercelah

Tempat-tempat seperti celah-celah furnitur dapat menjadi sarang ideal bagi tungau.

 

Tungau memang memiliki kecenderungan untuk bersarang di tempat-tempat tertentu, termasuk boneka. Berikut beberapa alasan mengapa boneka bisa menjadi sarang bagi tungau:

  • Sel Kulit Mati

Dalam sehari, manusia melepaskan sekitar 1,5 gram sel kulit mati. Tungau sangat menyukai tempat-tempat di mana sel kulit mati paling mungkin menumpuk, seperti tempat tidur, perabotan, karpet, dan boneka.

 

  • Kelembapan

Tungau lebih suka berada di lingkungan yang lembap. Jika boneka disimpan di tempat yang lembab, seperti di bawah tempat tidur atau di sudut ruangan yang jarang terkena sinar matahari, ini dapat menjadi tempat yang ideal bagi tungau untuk berkembang biak.

 

Bahan Boneka

Beberapa jenis bahan boneka, seperti bulu atau kain, dapat menjadi tempat yang nyaman bagi tungau. Jika boneka terbuat dari bahan yang mudah menyerap kelembapan, ini dapat meningkatkan risiko tungau berkembang di dalamnya.

 

Jadi, penting untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar boneka kesayangan anak dan menghindari kelembapan berlebih agar tungau tidak bersarang di dalamnya. Untuk menghilangkan tungau dari boneka kesayangan anak, berikut beberapa langkah yang dapat Anda coba:

  1. Cuci dengan Air Panas

Jika boneka tersebut dapat dicuci, cuci dengan air panas. Air panas dapat membunuh tungau dan menghilangkan kotoran mereka. Pastikan mengikuti petunjuk perawatan pada label boneka.

 

  1. Keringkan di Bawah Sinar Matahari

Setelah dicuci, keringkan boneka di bawah sinar matahari. Sinar matahari membantu membunuh tungau dan mengurangi kelembapan yang menjadi tempat berkembang biak bagi mereka.

 

  1. Gunakan Vacuum Cleaner

Gunakan vacuum cleaner dengan nozzle yang lembut untuk membersihkan permukaan boneka. Fokus pada area-area yang sering disentuh oleh anak, seperti wajah dan tangan boneka.

 

  1. Bekukan Boneka

Jika boneka tidak dapat dicuci, Anda dapat memasukkan boneka ke dalam kantong plastik dan memasukkannya ke dalam freezer selama beberapa jam. Suhu rendah akan membantu membunuh tungau.

 

  1. Ganti Tempat Penyimpanan

Jika boneka disimpan di tempat yang lembap, pertimbangkan untuk menggantinya dengan tempat penyimpanan yang lebih kering.

 

Pastikan untuk selalu memeriksa petunjuk perawatan pada label boneka dan memastikan langkah-langkah di atas sesuai dengan jenis dan bahan boneka kesayangan anak Anda. Jika anak Anda sangat terikat dengan bonekanya dan enggan mencucinya, ada beberapa alternatif yang dapat Anda pertimbangkan:

  • Gunakan Kain Lap Basah

Anda dapat membersihkan permukaan boneka dengan kain lap basah yang lembut. Pastikan untuk menghapus debu dan kotoran secara berkala.

 

  • Paparan Sinar Matahari

Meskipun tidak mencuci, Anda dapat memajang boneka di bawah sinar matahari. Sinar matahari membantu membunuh tungau dan mengurangi kelembapan.

 

  • Bekukan Boneka

Jika memungkinkan, masukkan boneka ke dalam kantong plastik dan letakkan di freezer selama beberapa jam. Suhu rendah akan membantu membunuh tungau.

 

  • Gunakan Pengering Uap

Beberapa pengering uap memiliki fungsi “sterilisasi” yang dapat membantu membersihkan boneka tanpa mencucinya secara menyeluruh.

 

Ingatlah untuk tetap memperhatikan kebersihan dan kesehatan anak Anda. Jika anak sangat terikat dengan bonekanya, komunikasikan dengan lembut tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.

Jika Anda merasa ragu akan kebersihannya saat mencucinya sendiri, Anda tak perlu khawatir. Haidee Care siap membantu untuk memecahkan masalah Anda satu ini. Bisa Anda bawa boneka Anda ke Haidee Care atau panggil petugas Haidee untuk ke rumah Anda dan melakukan treatment disana. Tak hanya boneka, Haidee Care siap untuk membunuh tungau di berbagai soft furniture Anda, salah satunya kasur, sofa, gorden bahkan bisa di jok mobil Anda. Yuk hubungi admin Haidee Care dan reservasi sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *